Wapres Hadiri Pembukaan Pesta Bolon Simbolon 2017

id Wapres

Wapres Hadiri Pembukaan Pesta Bolon Simbolon 2017

Wapres Jusuf Kalla. (ANTARA /Yudhi Mahatma)

Jakarta,(Antara Sumbar) - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menghadiri pembukaan Pesta Bolon Simbolon 2017 yang digelar di Jakarta, Sabtu.

Pesta Bolon Sombolon yang dilaksanakan di GOR Soemantri Brodjonegoro merupakan syukuran akbar keluarga besar Sombolon dan memohon doa kepada tuhan untuk perlindungan dan kasihNya pada tahun-tahun mendatang.

Puncak Pesta Bolon Simbolon ditandai dengan pesta Horja Adat Batak yang merupakan prosesi ritual adat kebesaran masyarakat Batak yang telah dilakukan sejak dulu.

Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam Pesta Bolon Simbolon seperti kegiatan olahraga, seni dan budaya selama sepekan seperti ibadah raya, olahraga, festival seni dan budaya, peragaan busana dan desain, donor darah, pertunjukan musik serta pesta adat Batak.

Sebelumnya Pesta Bolon Simbolon yang pertama dilaksanakan di Parbaba Samosir pada 1-7 Juli 2007 dan yang kedua dilaksanakan di Gelora Bung Karno Jakarta pada 1-7 Juli 2012.

Selain menggelar Pesta Bolon simbolon juga dirangkai dengan Kongres Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI).

PSBI yang dibentuk pada 2006 bermaksud untuk melestarikan warisan nilai-nilai masyarakat adat Batak yang diwariskan leluhur marga Simbolon dalam mencapai kesejahteraan jasmani dan rohani.

Saat ini kepengurusan PSBI tersebar di 106 wilayah di Indonesia dengan jumlah anggota sekitar 300.000.

Marga Simbolon adalah keturunan Ompu Simbolon Tua yang terbagi dua yaitu Suri Raja dan Martua Raja. Bila diurut dari Ompu Simbolon Tua maka generasi marga Simbolon saat ini telah mencapai generasi ke-25. (*)