Bupati Dorong Masyarakat Solok Khatam Al Quran Berulangkali

id Khatam Alquran

Bupati Dorong Masyarakat Solok Khatam Al Quran Berulangkali

Bupati Solok Gusmal memasuki tempat acara khatam Al Quran yang disambut para siswa khatam di Ujung Ladang, Nagari Koto Sani, Kamis (6/7). (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal mendorong masyarakat setempat untuk mengkhatamkan (menamatkan) membaca Al Quran hingga berkali-kali agar menjadi masyarakat yang Qurani.

"Para wali nagari (kepala desa adat), pengurus masjid, dan masyarakat dapat menyemarakkan membaca Al Quran di nagari masing-masing, agar benar-benar tercipta masyarakat yang Qurani di daerah masing-masing," katanya ketika menghadiri acara Khatam Al Quran di Ujung Ladang, Nagari Koto Sani, daerah setempat, Kamis.

Ia menyebutkan langkah awal para wali nagari bisa menggiatkan program maghrib mengaji, dan sholat subuh berjamaah, kalau bisa buatkan peraturan nagari (perna) sebagai landasan hukum untuk menerapkan program ini kepada masyarakat.

Karena ini juga menjadi program pemerintah daerah khususnya maghrib mengaji dan subuh berjamaah, maka pemerintah nagari juga perlu mengakomodirnya.

Terkait dana pembinaan untuk para guru-guru mengaji, Taman Pendidikan Al Quran (TPA) dan Madrasyah Diniyah Awaliyah (MDA), Bupati mengharapkan Pemerintah Nagari dapat memasukkan anggarannya pada dana nagari.

"Dengan adanya dukungan anggaran dari nagari diharapkan anak didik dan masyarakat dapat meningkatkan pemahaman ilmu Al Quran secara terus menerus," ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Khatam Al Quran, Ibda Yulius Baginda Sati didampingi Wali Nagari Koto Sani Edi Warni Katik Sutan mengatakan, khatam Al Quran ini merupakan yang ke 3 diikuti empat surau dengan peserta sebanyak 19 orang, terdiri dari 7 laki-laki dan 12 perempuan.

Ia berpesan kepada peserta Khatam Quran untuk terus menggali ilmunya sehingga bisa menjadi hafiz Quran.

Acara Khatam Al Quran ini juga dihadiri Kepala Dinas Perizinan Erizal, Kepala Kesbagpol Junaidi, Kepala Bagian Kesra Nofiarman, Kabag Humas Defi Pribadi, Camat X Koto Singkarak Syahrial beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) X Koto Singkarak. (*)