PLN Payakumbuh Pasang Jaringan Listrik Nagari Galulua

id jaringan listrik

PLN Payakumbuh Pasang Jaringan Listrik Nagari Galulua

Pekerjaan jaringan listrik PLN. (Antara)

Sarilamak, (Antara Sumbar) - PT PLN Payakumbuh segera memasang jaringan listrik untuk Nagari (desa adat) Galugua Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, dimana lokasi tersebut merupakan daerah terisolasi yang belum teraliri listrik.

Wali Nagari (kepala desa adat) Galugua, Kecamatan Kapur IX, Syakban di Payakumbuh, Kamis, mengatakan tiang penyangga dan kabel untuk mengalirkan jaringan listrik mulai didistribukasikan ke Nagari Galugua.

"Tiang sudah datang hari ini, masyarakat sangat senang menyambutnya. Apalagi nanti jika listrik sudah mulai menyala," kata dia.

Menurutnya dengan mulai didistribusikan tiang serta kabel-kabel itu menandakan tidak lama lagi fasilitas listrik dapat dinikmati masyarakat Galugua. Meskipun kondisi akses jalan masih jauh dari standar layak.

"Meski akses jalan belum kunjung ada kepastian pembangunannya, setidaknya listrik segera dapat dinikmati masyarakat," kata dia.

Ia mengatakan dengan dipasangnya tiang listrik ini bentuk keseriusan pihak Perusahaan Listrik Negara untuk membangun jaringan hingga ke pelosok nagari.

Camat Kapur IX Andri Yasmen mengatakan masyarakat Galugua menyambut baik pemasangan jaringan listrik, sebab sejak Indonesia merdeka nagari tersebut belum pernah menikmati fasilitas listrik.

"Kami berharap agar semua berjalan lancar dan tidak ada kendala berarti. Sehingga pengerjaan sesuai dengan target, dan 2017 ini masyarakat Galugua dapat menikmati fasilitas listrik dengan seutuhnya," kata dia.

Ia menyebutkan salah satu kendala pendistribusian tiang listrik adalah cuaca, dimana saat ini musim hujan. Jika hujan turun, dipastikan mobilisasi tiang listrik ke empat jorong di Galugua akan terkendala karena jalan tanah dan mudah berlumpur.

Sementara itu, Manager PLN Area Payakumbuh, Faisal membenarkan bahwa peralatan dan bahan-bahan untuk pemasangan jaringan listrik mulai didistribusikan ke Nagari Galugua.

Menurutnya pemasangan jaringan untuk nagari tersebut merupakan target pada 2017, dan pengerjaan proyeknya harus diselesaikan hingga akhir tahun ini.

"Semoga pada akhir tahun ini masyarakat Nagari Galugua dapat menikmati fasilitas listrik," kata dia.

Ia mengatakan saat ini sudah ada 800 kepala keluarga pada empat jorong akan dipasang jaringan listrik.

Pihak PLN akan memasang berapapun permintaan sambungan baru dari masyarakat dengan jaringan yang telah dibangun. (*)