Pelajar Dharmasraya Mewakili Sumbar Ikuti Lomba Tingkat Nasional

id siswa

Pelajar Dharmasraya Mewakili Sumbar Ikuti Lomba Tingkat Nasional

Ilustrasi. (Antara)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Seorang Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya, akan mewakili Provinsi Sumatera Barat mengikuti lomba karya tulis ilmiah dalam ajang Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) pada 25 sampai 28 Juli 2017, di Jakarta.

Kepala SMA 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya, Israr Aziz, di Pulau Punjung, Kamis, menyebutkan siswa tersebut yaitu Eka Yuliastuti kelas XI Bahasa.

"Siswi kami ini sebelumnya telah berkompetisi di tingkat provinsi dan meraih peringkat satu, untuk itu diutus mewakili Sumbar ke tingkat nasional," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk menghadapi lomba itu pihak sekolah mulai melakukan persiapan materi dan mental bagi anak didik.

"Siswa kami akan diberikan pemantapan materi serta penguasaan tema diharapkan dapat mengharumkan nama daerah," ujarnya.

Ia mengatakan tercapainya prestasi tersebut tidak lepas dari kerjasama pihak sekolah dan dukungan pemerintah daerah setempat.

Menurutnya upaya yang dilakukan dalam mencapai prestasi di tingkat nasional karena setiap guru diharuskan memberi perhatian lebih dalam membina bakat anak.

"Misalnya lomba karya ilmiah ini, sudah ada guru pembina, ada anak lomba kesenian sudah ada guru pembina. Jadi setiap lomba ada guru pembina yang fokus melatih siswa," katanya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Dharmasraya, Marius, mengatakan pemerintah setempat terus bertekad memajukan pendidikan dengan meningkatkan sinergitas semua komponen untuk melahirkan anak didik yang berkualitas dan berkarakter.

Ia menilai pendidikan merupakan motor penggerak dalam melahirkan sumber daya manusia (SDM) terbaik untuk membangun daerah ke depan.

"Bapak bupati terus mengingatkan tentang pentingnya pendidikan dan prestasi-prestasi yang didapat siswa, tentu capaian ini menjadi semangat bagi kami agar bekerja lebih baik mencapi hal itu," lanjutnya. (*)