Unand Gelar Wawasan Kebangsaan Persiapkan Generasi Kuat

id Unand

Unand Gelar Wawasan Kebangsaan Persiapkan Generasi Kuat

Gerbang kampus Unand. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat menggelar Wawasan Kebangsaan untuk mahasiswa baru guna mempersiapkan terbentuknya generasi kuat dan cinta tanah air.

"Wawasan kebangsaan ini penting untuk mendidik mahasiswa yang nantinya bakal jadi pemimpin bangsa," kata Wakil Rektor bidang kemahasiswaan Unand Prof Hermansah saat membuka kegiatan wawasan kebangsaan untuk mahasiswa SBMPTN 2017 di kampus Limau Manis, di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan kerja sama yang terjalin antara Unand dan TNI dalam hal ini Korem 032 Wirabraja bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan tentang kebangsaan sekaligus memotivasi untuk cinta tanah air.

Hal ini dilakukan kata dia, sebagai langkah antisipasi menghadapi tantangan dan gangguan yang menyerang negara, khususnya generasi muda.

Seperti halnya pergaulan bebas, narkoba, ujaran kebencian yang sejauh ini telah menggerogoti potensi generasi muda bangsa.

"Dengan wawasan kebangsaan, mahasiswa akan diperkuat pemahaman tentang negara sekaligus dilecut semangat nasionalisme," ujarnya.

Dari wawasan kebangsaan sebutnya mahasiswa perlu mengambil makna sebagai persiapan sebelum kuliah.

Beberapa hal yang perlu jadi perhatian antara lain belajar tepat waktu, membawa nama baik kampus, mematuhi peraturan yang ada, dan cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Khususnya menjaga etika dan tingkah laku di tengah masyarakat mengingat sebagian mahasiswa berasal dari luar Sumbar.

"Diharapkan usai lulus di Unand nantinya, mahasiswa bermanfaat untuk negara dan menjadi salah satu pendukung kemajuan bangsa," kata dia.

Sementara itu Kepala Humas Unand Daffrudin menambahkan kegiatan wawasan kebangsaan ini dilaksanakan selama enam gelombang.

Enam gelombang ini masing-masing dua kali bagi mahasiswa baru SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.

Setiap gelombang kata dia, diikuti oleh 800 orang mahasiswa. (*)