Budaya KKN Untuk Memahami Sosial Lingkungan Masyarakat

id #KKN Unand #Dharmasraya

Budaya KKN Untuk Memahami Sosial Lingkungan Masyarakat

Peserta KKN Unand foto bersama usai serah terima dengan unsur pimpinan Pemkab Dharmasaraya.(doc.Hms) (c)

Pulau Punjung, (antarasumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, mengemukakan pelaksanaan kuliah kerja nyata merupakan sarana bagi mahasiswa dalam memahami dan mencari solusi atas berbagai permasalahan sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat.

"Melalui kegiatan KKN dapat memfasilitasi masyarakat melalui berbagai program keilmuan yang dimiliki para peserta," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekda setempat, Leli Arni saat menerima mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Andalas (Unand), di Pulau Punjung, Selasa.

Sebanyak 156 mahasiswa KKN-PPM Unand Padang, akan melakukan kegiatan KKN di empat nagari (Desa Adat), yakni Tebing Tinggi, Kecamatan Pulau Punjung, Nagari Sungai Rumbai Kecamatan Sungai Rumbai, dan Nagari Gunung Medan, Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung mulai 4 Juli Sampai 13 Agustus 2017.

"Kami berharap kehadiran mahasiswa dapat membawa perubahan yang positif dan membantu masyarakat dalam berbagai hal yang berkaitan dengan urusan sosial masyarakat," katanya.

Pelaksanaan KKN-PPM diharapkan benar-benar mampu memberikan solusi terhadap permasalahan di daerah itu serta mendukung upaya pengembangan potensi yang dimiliki oleh daerah yang dijadikan sebagai lokasi KKN, tambahnya.

Menurutnya ia yakin dengan pendampingan dan pembinaan yang intensif akan dapat menggerakkan taraf perekonomian masyarakat sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Di samping itu, katanya melanjutkan kuliah kerja nyata juga merupakan wadah pembelajaran untuk merekatkan mahasiswa dengan masyarakat sebagai bentuk pengabdian dari salah satu amanat tri dharma perguruan tinggi.

"Jadi KKN ini bukan semata-mata untuk menggugurkan kewajiban kurikulum yang dibebankan kepada mahasiswa akan tetapi diharapkan ini menjadi satu modal bagi mahasiswa untuk belajar langsung ditengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Ia berpesan kepada mahasiswa selama melaksanakan kegiatan KKN untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah nagari dan lembaga kemasyarakatan setempat agar dapat membantu dan memfasilitasi setiap program yang akan dilaksanakan.

"Sepenuhnya pemerintah mendukung kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Kami juga berharap masyarakat dapat menyambut adik adik mahasiswa dengan penuh keramahan," tambahnya. (cpw12)