Legislator: Jangan Ada Perisakan Terhadap Siswa Baru

id Endarmy

Legislator: Jangan Ada Perisakan Terhadap Siswa Baru

Endarmy. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Anggota Komisi V DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Endarmy berharap tidak ada aktivitas yang mengarah pada perisakan atau "bullying" terhadap siswa baru yang saat ini sedang melakukan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah tingkat SMA sederajat.

"Biasanya perisakan tersebut dilakukan oleh senior kepada juniornya yang baru mengenal lingkungan sekolah, sehingga pengawasan dari guru dan kepala sekolah diperlukan untuk mengantisipasi hal tersebut," katanya di Padang, Selasa.

Saat ini kegiatan sekolah sudah dimulai untuk SMA sederajat dan SMP serta SD akan dimulai pada 10 Juli 2017, ia menyebutkan harapan tidak adanya perisakan tersebut juga berlaku untuk seluruh tingkatan sekolah.

Menurutnya dari tahun ke tahun perisakan terhadap siswa baru sudah mulai berkurang apalagi dengan melibatkan guru untuk pengenalan sekolah.

"Siswa hanya bersifat membantu pelaksanaannya, dengan begitu adanya perisakan dari senior dapat ditekan," sebutnya.

Ia menyampaikan untuk meningkatkan integritas pendidikan, kegiatan perisakan memang harus ditiadakan dengan peningkatan pengawasan dari pihak sekolah.

Yang terpenting saat ini moral siswa harus dibentuk, jika ada hal yang tidak enak diawal sekolah itu akan tersimpan dan menjadi dendam oleh siswa baru tersebut dan dilampiaskan lagi ke adik kelasnya kelak, kata dia.

untuk itu, sudah saatnya kegiatan tersebut ditiadakan dan jika ditemukan maka pihak sekolah mesti memberi sanksi yang tegas.

"Harus ada sanksi yang tegas jika ada senior yang merisak adik-adiknya," kata dia.

Kemudian ia juga mendorong Dinas Pendidikan Sumbar dan Kabupaten/kota agar terus mengawasi kegiatan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru agar tidak terjadi hal-hal diluar dugaan.

"Jangan sampai karakter siswa-siswa baru menjadi berubah karena adanya perisakan oleh seniornya," tambahnya. (*)