Sawahlunto ke Final Usai Tundukkan PSP Padang 4-2

id Sepak bola

Sawahlunto ke Final Usai Tundukkan PSP Padang 4-2

Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf foto bersama dengan Manager Muldayuri dan Pelatih Yudi Sastrawan serta para pemain GAS Sawahlunto usai menundukan PSP Padang di Lapangan Pulai, Nagari Sungayang, Senin (3/7). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Klub sepakbola GAS Sawahlunto melaju ke final setelah menundukkan PSP Padang dalam Turnamen Jordus Cup XV dengan skor 4:2, lewat adu pinalti di Lapangan Pulai, Nagari Sungayang, Tanah Datar, Senin (3/7).

Sejak wasit Ade Aprianto meniup pluit pertandingan dimulai pukul 16.30 WIB, pemain PSP Padang langsung menyerang pertahanan GAS Sawahlunto dan lebih menguasai pertandingan.

Namun, anak-anak GAS Sawahlunto yang dikomandoi Jefri juga banyak peluang gol yang tercipta, tapi berkat kesigapan penjaga gawang PSP Padang, Putra mampu menjaga kebobolan gawangnya.

Selang waktu babak pertama, kedua kesebelasan belum mampu menciptakan gol sehingga skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, kedua kesebelasan terus berupaya meningkatkan intensitas serangan. Peluang gol dan penguasaan bola tampak berimbang, sehingga skor 0:0 tak berubah hingga pertandingan usai. Untuk menentukan siapa yang melaju ke babak final harus melalui adu penalti.

PSP Padang harus mengakui keunggulan GAS Sawahlunto setelah dua pemainnya, Yohandes dan Arif, gagal melakukan eksekutor penalti, sedangkan dua pemain lainnya, Yopi dan Anggi berhasil melaksanakan tugasnya merobek gawang Oky Samdi.

Sedangkan empat pemain GAS Sawahlunto yang berhasil melakukan eksekutor penalti adalah Ichsan, Johan, Jefri dan Rahmad, sehingga skor akhir menjadi 4:2.

Pertandingan yang cukup sengit ini disaksikan Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, Wali Kota Sawahlunto, Ali Yusuf, Kabid Olahraga Dinas Parpora, Jemmy, Camat Sungayang Aslamudin, dan sekitar seribuan pecandu sepakbola di Tanah Datar.

Kesebelasan GAS Sawahlunto akan berhadapan di laga final melawan tuan rumah Jordus Tanah Datar pada Rabu (5/7).

Usai pertandingan, Penggagas Turnamen Jordus Cup, Yasman Yanusar mengatakan pagelaran turnamen ini dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah sekaligus menjalin tali silaturahim antara masyarakat dengan para perantau yang pulang kampung.

Ia menyebutkan turnamen ini sudah berlangsung sejak 1996 dan diharapkan masyarakat dapat memeriahkan turnamen ini dengan menyaksikan pertandingan sepakbola yang diikuti delapan klub papan atas di Sumbar dan Riau.

Delapan klub yang berlaga adalah Dharmasraya FC, Gasliko Payakumbuh, Aroma Taram Payakumbuh, GAS FC Sawahlunto, Pelalawan Riau, PSP Padang, Nabil FC Pekanbaru, dan tuan rumah Jordus FC Tanah Datar.

Menurutnya, pertandingan sepakbola bergengsi ini selain memperebutkan Piala Jordus, juga uang pembinaan untuk Juara I sebesar Rp10 juta, Juara II sebesar Rp6 juta, dan pemain terbaik sebesar Rp1 juta.

"Sementara bagi penonton yang beruntung, panitia memberikan door prize yang berasal dari pihak sponsor seperti Toko Rafhely, Central Busana, Oxygen, Delila Mart, Rockweld, dan Biblo Style," katanya. (*)