Jumlah Kehadiran ASN Sumbar Pascalebaran 96,8 Persen

id Hari Pertama Kerja, ASN Sumbar, Irwan Prayitno

Jumlah Kehadiran ASN Sumbar Pascalebaran 96,8 Persen

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersilaturahim dengan ASN sekretariat provinsi usai memimpin apel pagi pascalebaran, Senin (3/7). Gubernur juga dijadwalkan melakukan sidak pada sejumlah OPD. (Antara Sumbar/Miko Elfisha)

Padang, (Antara Sumbar) - Jumlah kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 45 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Sumatera Barat (Sumbar) pada hari kerja pertama usai lebaran 1438 Hijriah, mencapai 96,8 persen.

"Dari 4.472 ASN, sebanyak 4.330 (96,8 persen) hadir dan 142 orang (3,2 persen) tidak hadir," kata Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumbar, Jasman di Padang, Senin.

ASN yang tidak datang masing-masing tujuh orang terlambat, 30 orang sakit, 24 orang izin, 42 orang cuti, 29 orang pendidikan dan 10 orang tanpa keterangan.

"Jumlah kehadiran ASN ini sangat baik," tambahnya.

Terkait 10 orang ASN yang tidak datang tanpa keterangan, akan mendapatkan sanksi sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin ASN.

Sanksi bisa berupa teguran lisan, tertulis, penundaan kenaikan pangkat bahkan pemecatan jika tidak hadir lebih dari satu bulan.

"Aturan tersebut pasti ditegakkan," ujarnya.

Sementara untuk ASN yang terlambat, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan hal itu bisa dimaklumi.

"Yang tidak bisa dimaklumi itu ASN yang tidak datang karena libur yang diberikan tahun ini sudah cukup panjang yaitu 10 hari," lanjutnya.

Apalagi sejak awal, masing-masing kepala OPD sudah mengingatkan agar tidak menambah libur setelah lebaran.

Sebelumnya, gubernur bersama Sekretaris Provinsi Ali Asmar dan Kapala BKD Jayadisman melakukan inspeksi pada dua OPD di daerah itu masing-masing Dinas Pendidikan dan Dinas PU Sumbar. (*)