Hari Pertama Kerja, Tingkat Kehadiran ASN Pasaman Barat Tinggi

id Sidak, Libur Lebaran, ASN Pasaman Barat

Hari Pertama Kerja, Tingkat Kehadiran ASN Pasaman Barat Tinggi

Pemkab Pasaman Barat melalui BKD melakukan sidak kehadiran ASN pada hari pertama kerja, Senin (3/7. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan inspeksi mendadak terhadap kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) pada hari pertama kerja, Senin.

Dari hasil inspeksi mendadak (sidak) kehadiran ASN setelah apel gabungan dengan melihat absensi maka tingkat kehadiran ASN cukup tinggi dan tidak hadir tanpa keterangan.

"Benar, setelah diperiksa absensi dan melihat kehadiran ASN lengkap. Tingkat kedisiplinan ASN cukup tinggi," kata Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Manus Handri di Simpang Empat, Senin.

Ia menegaskan tidak ada alasan bagi ASN tidak masuk pada hari pertama kerja ini. Sebab waktu libur sudah cukup panjang mencapai 10 hari. "Kalau ada yang tidak hadir keterlaluan," ujarnya.

Ia meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera memulai pelaksanaan yang sempat tertunda selama 10 hari.

Ia menekankan bahwa penguatan dalam berbagai aspek pemerintahan harus dilakukan demi suksesnya berbagai program yang sudah direncanakan.

"Khusus absensi ASN yang hari ini diambil oleh tim absensi BKD laporannya akan kita teruskan ke Provinsi Sumbar," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto mengatakan bahwa dirinya melihat semangat disiplin yang besar dari ASN pada apel perdana tersebut.

"Hari ini saya melihat semangat yang besar dari kita semuanya yang hadir untuk kembali menjalankan tugas sebagai abdi negara dan masyarakat," ujarnya.

Ia menyampaikan disiplin ASN dapat menjadi tolak ukur keberhasilan Pemkab dalam menjalankan program pemerintahan. Oleh sebab itu, disiplin sangat perlu untuk terus ditegakkan.

Disamping disiplin, koordinasi antar OPD juga perlu kita tingkatkan. Kepala OPD berikan laporan kepada Sekda untuk memantau kekurangan yang ada untuk kemudian akan dievaluasi bersama.

Ia mengajak kepada segenap ASN untuk mempertahankan kinerja dan prestasi yang ada seperti penghargaan lapaloran keuangan Wajar Tanpa Pengecualian beberapa waktu lalu.

"Bekerjalah dengan sabar dan ikhlas agar mendapat berkah untuk membangun Pasaman Barat kearah yang lebih baik," katanya.

Setelah pelaksanaan apel gabungan langsung halal bi halal antara Bupati, Wakil Bupati dan Sekda dengan seluruh ASN di Balerong Tuah Basamo. (*)