Wisatawan Masih Padati Objek Wisata di Padang

id Pantai Padang

Wisatawan Masih Padati Objek Wisata di Padang

Wisatawan berkunjung ke salah satu objek wisata Monumen Merpati Perdamaian di kawasan Pantai Padang, Senin (3/7). Meski libur telah usai kendaraan wisatawan masih memadati sekitar lokasi tersebut. (ANTARA SUMBAR/MR Denya Utama)

Padang, (Antara Sumbar) - Wisatawan dari berbagai daerah di luar Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) masih memadati beberapa objek wisata di daerah tersebut seperti pantai, museum, pusat perbelanjaan dan arena bermain meski masa libur lebaran Idul Fitri 1438 Hijiriah telah usai.

Dari pantauan di Padang, Senin, menunjukkan puluhan hingga ratusan kendaraan yang bernomor polisi bukan dari Sumbar masih terlihat di sepanjang Pantai Purus dan Muaro Lasak Padang.

Sebagian besar pengunjung memadati lokasi monumen IORA dan Merpati Perdamaian yang ada di sekitar pantai tersebut.

Selain itu wisatawan juga terlihat ramai mengunjungi Museum Adityawarman dan Pasar Raya yang berlokasi tidak jauh dari pantai tersebut.

Salah satu pengunjung di Pantai Muaro Lasak Padang, Andi (24) mengatakan alasan datang ke pantai Padang karena penasaran dengan objek wisata di daerah tersebut.

Andi yang mengaku seorang wirausahawan tersebut lebih memilih saat waktu kerja untuk menghindari kemacetan.

"Saya sengaja datang saat waktu kerja karena wisatawan akan banyak berkurang," kata Andi yang tinggal di Pekanbaru tersebut.

Selain Andi, warga Riau lainnya Fitri Handayani juga mengaku berwisata di pantai untuk menghindari kepadatan.

Menurut salah satu mahasiswa di Universitas di Riau tersebut, saat hari libur pantai cukup sesak sehingga pilihan jatuh saat waktu kerja.

Fitri yang asli Minang tersebut mengeluhkan belum representatifnya tempat parkir di Padang.

"Saya dari Transmart, Pasar Raya, Museum dan Pantai belum ada parkir yang representatif," ujarnya yang datang ke Padang bersama kakak dan temannya tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang, Medi Iswandi menyebutkan sebagian besar wisatawan yang datang ke Padang selama libur lebaran merupakan warga provinsi tetangga Riau, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Utara.

Selama libur lebaran tersebut wisatawan terpusat di pantai Padang, pusat perbelanjaan, kolam pemandian, pantai Air Manis dan arena bermain.

Bila dihitung kasar, ujarnya sekitar 30 persen kenaikannya dari hari libur biasa ribuan saat ini mencapai puluhan ribu orang.

Terkait masih banyaknya wisatawan berkunjung, menurutnya wajar karena hari libur sekolah masih tersisa satu minggu.

Bila dilihat, kata Medi sebagian pengunjung merupakan anak sekolah. (*)