Senin, 23 Oktober 2017 - 3 Safar 1439 H

Menang Undian Jalan Sehat, Nabila Hadiahkan Umroh Pada Ibunya

Ketua Presidium Badan Koordinasi Kerukunan Keluarga Tanah Datar (KKTD) Luhak Nan Tuo, Yuherman (dua kiri) menyerahkan hadiah utama Umroh kepada Nabila yang didampingi adik Zaza dan Ayah Dedianto, di Istano Basa Pagaruyung, Sabtu (1/7). Penyerahan hadiah juga disaksikan Ketua Panitia Perantau "Pulang Basamo" se-Nusantara, Djoni Sastra (kiri), Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, (tiga kiri) dan Pemilik Hotel Emersia, Merrywati (kanan). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)
Batusangkar, (Antara Sumbar) - Nabila (12) dan adiknya, Zahira Zarfa (8), pemenang hadiah utama undian jalan sehat yang digelar Perantau "Pulang Basamo" Tanah Datar, Sumatera Barat, memberikan hadiah tersebut kepada ibunya.

"Saya dan Zaza (panggilan Zahira Zarfa) menyerahkan hadiah Umroh ini kepada ibu tercinta, karena sudah lama berniat namun sampai saat ini belum kesampaian," kata Nabila didampingi Zaza dan ayahnya, Dedianto usai menerima hadiah acara jalan santai di Halaman Istano Basa Pagaruyung, Sabtu.

Penyerahan hadiah utama tersebut dilakukan Ketua Presidium Badan Koordinasi Kerukunan Keluarga Tanah Datar (KKTD) Luhak Nan Tuo, Yuherman didampingi Ketua Panitia Perantau "Pulang Basamo" se-Nusantara, Djoni Sastra, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Ketua DPRD Anton Yondra, dan Pemilik Hotel Emersia, Merrywati.

Nabila menyampaikan terima kasih kepada para perantau dan pemerintah daerah atas perolehan hadiah tersebut. Ia tak menyangka nomor undian 1404 yang dibacakan Ketua KKTD Jaya, Yuherman, keluar sebagai pemenang hadiah utama umroh ke Tanah Suci Makkah.

Selain hadiah utama, pada kegiatan jalan santai yang diikuti sekitar 2.000 peserta dimulai dari Lapangan Cindua Mato Batusangkar dan berakhir di Istano Basa Pagaruyung tersebut, panitia juga menyediakan hadiah hiburan bagi peserta yang beruntung. Bahkan Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Ketua DPRD Irman termasuk peserta yang memperoleh hadiah hiburan.

Sementara itu, Wakapolda Sumbar Brigjend Nur Afiah saat melepas peserta jalan sehat menyampaikan apresiasi kepada para perantau yang telah menggelar kegiatan positif ini dimana menggiatkan olahraga di tengah masyarakat menjadi salah satu upaya mengurangi maraknya kasus penyalahgunaan Narkoba.

"Kegiatan jalan santai yang bersinergi antara perantau, pemerintah daerah dan Polri menjadi kekuatan kita untuk memerangi penyalahgunaan Narkoba yang banyak melibatkan generasi muda," katanya.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi menyampaikan atas nama masyarakat dan pemerintah daerah, mengucapkan terima kasih kepada para perantau yang pulang kampung karena perannya yang sangat besar bagi pembangunan dan kemajuan daerah.

"Perantau dapat dikatakan sebagai salah satu pilar pembangunan yang mendorong percepatan pembangunan di Tanah Datar," katanya.

Bupati menyampaikan banyak dukungan perantau dalam pembangunan daerah seperti pembangunan masjid, mushalla, bantuan untuk sekolah, pemberian beasiswa, serta bakti sosial membantu fakir miskin dan anak yatim.

Ketua Panitia Perantau "Pulang Basamo" se-Nusantara, Djoni Sastra menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah dan masyarakat Tanah Datar atas sambutan meriah kedatangan mereka ke kampung halaman.

Ia menyebutkan kedatangan perantau disambut secara resmi di Gedung Indo Jolito Batusangkar pada Sabtu (24/6) oleh jajaran Pemkab Tanah Datar dan tokoh masyarakat. Dilanjutkan malam harinya dengan kegiatan Festival Takbiran Idul Fitri di Lapangan Cindua Mato Batusangkar.

Beberapa agenda perantah di Tanah Datar adalah melakukan silaturahim di masing-masing nagari, Lomba Pacu Biduak di Danau Singkarak Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan Rabu (27/6).

Acara Silaturahim Nasional Perantau Tanah Datar pada Kamis (29/6) di Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Batusangkar yang diikuti tokoh-tokoh perantau yang tergabung dalam KKTD dan IKTD se-Indonesia dengan dibuka Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Kemudian, aksi Bedah Rumah sebanyak 14 rumah miskin yang tersebar di kecamatan di Tanah Datar pada Jumat (30/6) dan Jalan Sehat yang diikuti oleh perantau dan masyarakat Tanah Datar dengan hadiah utama Umroh ke Tanah Suci Makkah yang disumbang perantau dan hadiah menarik lainnya.

Kegiatan ditutup dengan panggung rakyat direncanakan artis ibukota Beniqno dan Vanda serta artis Minang Nedi Gampo. (*)






Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga