Puluhan Ribu Wisatawan Kunjungi Padang Selama Libur Lebaran Setiap Hari

id Padang

Puluhan Ribu Wisatawan Kunjungi Padang Selama Libur Lebaran Setiap Hari

Pantai Padang, Sumater Barat. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Sumatera Barat mencatat kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di kota itu mencapai puluhan ribu orang setiap harinya sejak Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Lokasi yang paling ramai dikunjugi wisatawan adalah kawasan pantai yakni mencapai 12 ribu orang setiap harinya sejak hari kedua lebaran," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi di Padang, Sabtu.

Menurutnya kunjungan tersebut membuat arus lalu lintas di kawasan itu padat yakni mulai dari pantai Padang, Pantai Muaro Lasak dan Pantai Purus.

"Para pengunjung mulai berdatangan mengunjungi destinasi wisata sejak Senin (26/6) hingga hari ini," kata dia.

Selain Pantai Padang lokasi yang menjadi destinasi yang didatangi oleh wisatawan adalah Pantai Air Manis, dan Taman Hutan Raya (Tahura) Bung Hatta.

Untuk kawasan Pantai Air Manis pihaknya mencatat jumlah pengunjung sejak 26 Juni hingga hari ini sebanyak 17 ribu orang. Jumlah tersebut hanya berasal dari satu pintu masuk yang dikelola oleh Pemkot Padang.

"Sedangkan di pantai ini ada tiga pintu masuk yakni satu dikelola pemkot dan dua lainnya dikelola oleh masyarakat setempat, estimasi kami pengunjung mencapai 45 ribu orang," kata dia.

Sedangkan untuk kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bung Hatta jumlah pengunjung yang datang ke lokasi tersebut sebanyak seribu orang setiap harinya.

Menurutnya melonjaknya jumlah pengunjung menimbulkan dampak postif dalam bidang perekonomian.

"Saat ini kamar hotel di kota ini sudah banyak yang penuh, selain itu para pedagang di lokasi tersebut juga merasakan manfaatnya," kata dia. (*)