Gubernur Minta Perantau "Pulang Basamo" Dibudayakan

id Gubernur, Irwan Prayitno, Pulang Basamo, Perantau, Lebaran

Gubernur Minta Perantau "Pulang Basamo" Dibudayakan

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi foto bersama dengan para perantau pada acara silaturahim nasional perantau Luhak Nan Tuo di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar, Kamis (29/6). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meminta kegiatan para perantau Pulang Basamo dapat dibudayakan untuk menjalin tali silaturahim dengan masyarakat di kampung halaman.

"Hubungan silaturahim yang terjalin baik dan semakin dekat antar sesama manusia maka Allah SWT akan menurunkan rezeki dan menyejahterakan masyarakat tersebut," katanya saat acara Silaturahim Nasional Perantau Tanah Datar se-Nusantara di Batusangkar, Kamis.

Gubernur mengapresiasi puluhan ribu perantau Tanah Datar yang pada Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah ini ikut pulang ke kampung halamannya dengan tajuk "Perantau Pulang Basamo Luhak Nan Tuo" se-Indonesia.

"Kita harus menyambut gembira kedatangan sanak saudara yang pulang kampung karena selain untuk mempererat rasa kekeluargaan, peran perantau yang sangat besar bagi pembangunan dan kemajuan daerah," katanya.

Ia mengharapkan agenda pulang basamo ini dapat menyatukan dan tercipta saling harga menghargai antara perantau dengan masyarakat karena hal ini merupakan modal untuk kemajuan daerah.

Hal senada juga disampaikan Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi dimana para perantau menjadi salah satu pilar yang mendorong percepatan pembangunan daerah.

Bupati menyampaikan banyak dukungan perantau dalam pembangunan daerah seperti pembangunan masjid, mushala, bantuan untuk sekolah, pemberian beasiswa, serta bakti sosial membantu fakir miskin dan anak yatim.

"Untuk itu pemerintah daerah bersama seluruh masyarakat siap mendukung agenda Pulang Basamo ini karena memberi dampak positif terhadap kampung halaman termasuk masyarakat," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia "Pulang Basamo" Tanah Datar se-Nusantara, Joni Sastra menyampaikan kegiatan ini yang terbesar dan pertama kali dilakukan dimana diprakarsai oleh Pagayuban perantau Tanah Datar seperti Kerukunan Keluarga Tanah Datar (KKTD) Jaya dan Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD).

Ia menyampaikan beberapa agenda para perantau di Tanah Datar adalah melakukan silaturahim di masing-masing nagari, memeriahkan Lomba Pacu Biduak di Danau Singkarak Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan, Silaturahim Nasional Perantau Tanah Datar.

"Kita bersyukur telah sepakat membuat satu organisasi perantau Tanah Datar kolaborasi dari KKTD, IKTD dan lainnya dengan nama Badan Koordinasi KKTD Luhak Nan Tuo se-Nusantara, sehingga secara koordinasi dan sumber daya tentunya akan semakin kuat," katanya.

Ia menyampaikan kegiatan yang tak kalah pentingnya adalah aksi Bedah Rumah sebanyak 14 rumah miskin yang tersebar di masing-masing kecamatan dan Jalan Sehat yang diikuti oleh perantau dan masyarakat dengan hadiah utama Umroh ke Tanah Suci Makkah.

"Mari kita sukseskan dengan suka cita alek Pulang Basamo Perantau Tanah Datar se Nusantara ini," katanya.

Kegiatan Silaturahim Nasional ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Datuk Intan Bano, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Wakil Bupati Zuldafri Darma, dan para tokoh masyarakat Tanah Datar. (*)