Pengunjung Pulau Pigago Air Bangis Harapkan Fasilitas Dilengkapi

id Pulau Pigago, Air Bangis, Pasaman Barat

Pengunjung Pulau Pigago Air Bangis Harapkan Fasilitas Dilengkapi

Kunjungan di Pulau Pigago Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat selalu ramai dikunjungi warga. Namun fasilitas kurang lengkap dan pengunjung berharap Pulau Pigago dibenahi, Kamis (29/6). (ANTARA SUMBAR/ Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pengunjung objek wisata Pulau Pigago Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) berharap fasilitas objek wisata di pulau itu terus ditingkatkan karena memiliki potensi yang bagus untuk dikembangkan.

"Sampai saat ini objek wisata Pulau Pigago kurang terkelola dengan baik. Fasilitas kurang memadai sehingga kurang diminati wisatawan dari luar Pasaman Barat," kata salah seorang pengunjung, Dewi Oktavia (30), Kamis.

Ia mengatakan dari tahun ke tahun jumlah pengunjung objek wisata Pulau Pigago terus meningkat. Bahkan dalam satu hari pada musim libur, jumlah pengunjung mencapai dua ribu pengunjung.

Meski demikian, ia menilai belum terlihat adanya pembangunan yang berarti dari masyarakat setempat atau pihak terkait.

Menurutnya potensi alam dan keindahan pulau yang berjarak sekitar enam kilometer dari dermaga pantai Air Bangis sangat besar.

Ia menilai jika dikelola dengan baik, besar kemungkinan lokasi tersebut akan lebih terkenal dan menarik minat wisatawan dari luar daerah bahkan internasional.

Sebab pasir pulau putih dan masih asri menjadi ciri kas tersendiri. Kemudian jaraknya yang dekat dengan daratan juga memudahkan pengunjung untuk menuju Pulau Pigago. Selain itu gelombang air laut yang tenang membuat pengunjung lebih mudah untuk bermain di pantai.

Pengunjung lainnya, Andi (29), berharap kedepannya masyarakat setempat atau pengelola pulau dan pemerintah bisa bekerjasama membangun sarana dan prasarana pulau tersebut.

Salah satunya adalah hanggar atau tempat menurunkan atau menaikan penumpang karena saat ini penumpang harus melompat untuk turun dari kapal dan memanjat dari kapal.

Sementara itu penyedia kapal, Am (40) mengaku cukup terbantu dengan adanya wisatawan yang menuju Pulau Pigago. Pasalnya dengan menyediakan jasa sewa kapal maka bisa mendapatkan penghasilan lebih jika dibandingkan dengan melaut.

Menurutnya, selain sarana prasarana, diharapkan pemerintah menyediakan posko pengawasan dan pos kesehatan secara permanen. Sebab, dengan disiagakannya pos tersebut dapat memberikan rasa nyaman kepada pengunjung yang datang ke pulau tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Armen sebelumnya mengatakan pihaknya secara bertahap akan melengkapi fasilitas di Pulau Pigago.

Sebelumnya juga ada bantuan kapal dari Dinas Perhubungan yang bisa dimanfaatkan untuk membawa pengunjung ke pulau tersebut.

"Tentunya untuk mengembangkan suatu objek wisata diperlukan kerja sama dari instansi terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kelautan dan Dinas Koperindag," ujarnya. (*)