Lalu Lintas di Padang Luar Padat Lancar

id Padang Luar, Lalu Lintas, Bukittinggi, Lebaran

Lalu Lintas di Padang Luar Padat Lancar

Petugas kepolisian mengatur arus lalu lintas di Padang Luar, Kabupaten Agam, Kamis(29/6). Arus kendaraan di titik tersebut pada H+3 lebaran dari arah Padang menuju Bukittinggi padat lancar sementara arah sebaliknya kondisi landai. (ANTARA SUMBAR/Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Kondisi arus lalu lintas di Padang Luar, Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang merupakan jalan masuk ke Kota Bukittinggi dari Padang, terpantau padat lancar pada H+4 lebaran atau Kamis siang.

Kepala Pos Pengamanan Padang Luar, Iptu Nusyirwan di Padang Luar, Kamis mengatakan untuk arus kendaraan dari arah Padang ke Bukittinggi terpantau padat lancar sementara dari arah sebaliknya kondisi landai.

Pihaknya memberlakukan sistem buka tutup di simpang Padang Luar yang merupakan salah satu titik simpul kemacetan.

"Kondisi padat lancar di wilayah Padang Luar ini juga disebabkan oleh aktivitas di pasar Padang Luar hingga ke pinggir jalan dan angkutan kota yang menaikturunkan penumpang," katanya.

Mengatasi antrean kendaraan tersebut, pihak kepolisian melalui bantuan patroli Satbinmas mengimbau pemilik kendaraan agar mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku.

"Pengendara diminta untuk tidak menyalip kendaraan di depannya dan menggunakan jalur yang berlawanan arah karena justru akan menyebabkan kemacetan," ujarnya.

Di samping itu pengendara kendaraan roda dua diminta agar menggunakan jalur kiri untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Ia menyebutkan selama pengamanan lalu lintas di masa libur lebaran 2017, pihaknya tidak menemukan kendala berarti.

"Kendala sejauh ini terjadi saat cuaca hujan deras. Dalam kondisi tersebut juga saat cuaca cerah, kami tekankan bagi pengendara roda dua agar selalu gunakan jalur kiri," katanya. (*)