Bupati Apresiasi Turnamen Jordus Cup XV

id Jordus

Bupati Apresiasi Turnamen Jordus Cup XV

Bupati Irdinansyah Tarmizi membuka turnamen Jordus Cup XV 2017 di Lapangan Pulai Sungayang, Rabu (28/6) sore. Acara pembukaan juga dihadiri Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Anggota DPRD Sumbar Rizanto Algamar, dan Pembina Jordus Cup Yasman Yanusar. (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi membuka Turnamen Jordus Cup XV yang diikuti delapan klub sepakbola di Sumatera Barat dan Riau di Lapangan Pulai, Nagari Sungayang, Rabu sore.

Bupati menyampaikan apresiasi kepada panitia dan masyarakat Nagari Sungayang yang terus menggelar turnamen sepakbola ini sampai yang 15 kalinya.

"Pemerintah daerah terus mendorong upaya masyarakat dalam meningkatkan prestasi di bidang olahraga khususnya sepakbola," katanya.

Ia mengharapkan dari turnamen ini akan lahir bibit atlet sepakbola lokal yang bermain di event nasional atau internasional.

Sementara Penggagas Turnamen Jordus Cup Yasman Yanusar mengatakan pergelaran turnamen ini dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah dan merajut tali silaturahim antara masyarakat dengan para perantau yang pulang kampung.

"Turnamen Jordus Cup XV ini akan memperebutkan piala bergilir Jordus Cup dan uang tunai bagi pemenang satu dan dua," katanya.

Ia menyebutkan turnamen ini sudah berlangsung sejak 1996 dimana menjadi ajang mempererat tali silaturahim dan persatuan antara masyarakat Tanah Datar dan para perantau yang pulang pada Hari Raya Idul Fitri.

Yasman mengharapkan masyarakat dapat memeriahkan turnamen ini dengan menyaksikan pertandingan sepakbola yang diikuti delapan klub papan atas di Sumbar dan Riau.

Ketua Panitia Yusri mengatakan delapan klub yang siap berlaga adalah Juara I Jordus Cup 2016 Dharmasraya FC, Gasliko Limapuluh Kota, Aroma Taram Payakumbuh, GAS FC Sawahlunto, Pelalawan Riau, PSP Padang, Nabil FC Pekanbaru, dan tuan rumah Jordus FC Tanah Datar.

Turnamen ini, tambah Yusri, terselanggara berkat dukungan pemerintah daerah, PT. Semen Padang, Camat dan Muspika Sungayang, wali nagari dan pemuda Sungayang serta para perantau.

Menurut Yusri, pertandingan sepakbola bergengsi yang akan berlangsung hingga 5 Juli 2017 ini selain memperebutkan Piala Jordus, juga uang pembinaan untuk Juara I sebesar Rp10 juta, Juara II sebesar Rp6 juta, dan pemain terbaik sebesar Rp1 juta.

"Sementara bagi penonton yang beruntung, panitia memberikan door prize yang berasal dari sponsor seperti Toko Rafhely, Central Busana, Oxygen, Delila Mart, Rockweld, Biblo Style dan Ardiles," katanya.

Pada laga pembuka bertanding Dharmasraya FC melawan Jordus FC dimana tuan rumah menurunkan tiga pemain asing yakni Antonio Claudio Toyo asal Brazil, Amandau asal Pantai Gading, dan Benjamin asal Mali. Jordus FC berhasil mengalahkan Dharmasraya dengan skor tipis 1:0 lewat tendangan penalti oleh Toyo dimenit ke-62.

Tendangan penalti ini buah dari pelanggaran yang dilakukan pemain belakang Dharmasraya terhadap Amandou.

Ikut menyaksikan laga pembuka ini Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Anggota DPRD Sumbar Rizanto Algamar, Anggota DPRD Tanah Datar Helida R. Algamar, Kabid Olahraga Dinas Parpora Jimmy, Camat Sungayang Aslamudin, Wali Nagari Sungayang Izhar Rasyid, dan seribuan pecinta sepakbola Tanah Datar. (*)