Objek Wisata Sekitar Danau Maninjau Ramai Dikunjungi

id Danau maninjau

Objek Wisata Sekitar Danau Maninjau Ramai Dikunjungi

AGAM,21/1- Seorang pengunjung menikmati keindahan alam Danau Maninjau yang terlihat dari puncak Lawang Park, di Kabupaten Agam, Sumbar, Sabtu (21/1). Kabupaten Agam mengencarkan promosi Danau Maninjau sebagai salah satu objek wisata alam untuk tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara. FOTO ANTARA SUMBAR/Arif Pribadi/12 ()

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Objek wisata di sekitar kawasan Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, ramai dikunjungi warga saat libur Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Daya Tarik Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Syatria di Lubukbasung, Rabu, mengatakan, objek wisata itu seperti, Ambun Tanai, Lawang Park, Puncak Lawang, XII Nan Basa dan Taman Wisata Muko-muko.

"Dua hari libur lebaran ini sekitar 2.000 wisatawan mengunjungi objek wisata itu," katanya.

Pengunjung ini, tambahnya, berasal dari Agam, Pariaman, Pasaman, Padang dan lainnya.

Ini berdasarkan laporan dari petugas Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam saat memantau dan menerima keluhan pengunjung di objek wisata itu.

"Kunjungan ini mulai meningkat pada H+1 lebaran dan berkemungkinan puncak kunjungan akan terjadi pada Sabtu 30/6," katanya.

Ia menambahkan, keenam objek wisata ini memiliki pemandangan yang indah dan memiliki udara yang sejuk.

Khusus untuk Objek Wisata Ambun Tanai, Lawang Park, Puncak Lawang dan XII Nan Basa bisa melihat keindahan danau dari ketinggian.

"Objek wisata ini ramai dikunjungi setiap hari libur. Pengunjung tidak saja dari Sumbar melainkan dari Riau, Jambi, Sumatera Utara dan lainnya," katanya.

Selain objek wisata di sekitar Danau Maninjau, Agam juga memiliki Objek Wisata Pantai Tiku, Janjang Koto Gadang, Ikan Sakti, Danau Tarusan dan lainnya.

Pada libur lebaran ini, Pemkab Agam menargetkan jumlah kunjungan ke objek wisata sebanyak 93.615 orang.

"Kita optimis target ini tercapai nantinya karena seluruh objek wisata telah dibenahi, pengelola telah dibina terkait melayani pengunjung dan lainnya," katanya.

Salah seorang pengunjung Puncak Lawang, Supardi (57), mengatakan, objek wisata Puncak Lawang dan objek wisata yang ada sekitar danau memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang indah.

"Kita bisa melihat keindahan danau yang dikelilingi perbukitan dari ketinggian," katanya.

Namun pihaknya berharap pemerintah dan pengelola objek wisata untuk melengkapi fasilitas pendukung lainnya seperti, tempat permainan anak-anak, tempat ibadah dan lainnya. (*)