Ribuan Pengunjung Padati Pesta Pantai Sasak

id Aparat

Ribuan Pengunjung Padati Pesta Pantai Sasak

Sejumlah aparat kepolisian berjaga-jaga mengamankan pesta pantai Sasak di pantai pohon seribu Sasak, Rabu (28/6) (ANTARA SUMBAR/ Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Ribuan pengunjung memadati pesta pantai di Sasak, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (28/6).

"Benar, pesta pantai di Sasak sudah dimulai sejak Lebaran ke tiga dan direncanakan sampai Jumat (30/6). Sekitar 1.500 pengunjung memadati Pantai Sasak setiap harinya," kata Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Armen di Simpang Empat, Rabu.

Ia memprediksi puncak kunjungan warga akan terjadi pada Rabu (28/6) dan Kamis (29/6). Antusias warga datang ke Pantai Sasak cukup tinggi.

Pantauan dilapangan pesta Pantai Sasak berjalan dengan aman dan lancar dengan adanya pos pelayanan dari Polres, TNI, Satpol PP, Dishub dan instansi lainnya. Berbagai hiburan dengan alunan musik ditampilkan.

Pengunjung mendapat hiburan dari artis yang tampil dengan menyanyikan berbagai macam lagu. Selain itu juga warga mengadakan pesta makan dan mandi-mandi di tepi pantai.

Di tepi pantai pohon seribu Sasak juga terlihat warga bermain, membentangkan tikar dan berfoto-foto mengabadikan momen Lebaran 1438 Hijriah.

"Pesta pantai diadakan bekerja sama dengan pihak nagari (desa) setempat dengan melibatkan semua unsur. Tujuannya tentu mempromosikan wisata pantai Sasak kepada pengunjung yang ada," ujarnya.

Menurutnya, Pantai Sasak merupakan salah satu objek wisata tujuan masyarakat saat libur Lebaran setiap tahunnya.

Apalagi Pantai Sasak yang berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat ibu kota kabupaten, Simpang Empat sangat mudah dijangkau.

Dari segi jarak transportasi tidak terlalu jauh. Jarak Simpang Empat menuju Kota Padang sekitar 200 kilometer, membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan dari Kota Padang.

Kemudian dari Simpang Empat menuju ke lokasi pantai ini, membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Ia menjelaskan Pantai Sasak merupakan salah satu andalan objek wisata di Pasaman Barat. Pemkab Pasaman Barat selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas dan fasilitas di pantai tersebut demi menarik pengunjung berdatangan.

"Pantai Sasak memiliki pasir pantai yang putih mampu memikat setiap hati pengunjung yang datang. Selain itu deburan ombak yang lumayan besar, juga menjadi ciri khas sebuah pantai," ujarnya.

Air laut pantai Sasak merupakan air laut yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

"Pengunjung bisa bermain di pantai dan di tepi air laut secara langsung. Setiap hari libur, tak sedikit pengunjung yang memadati pantai Sasak ini. Bukan hanya hari libur panjang saja, diakhir pekan juga banyak sekali pengunjung yang mendatangi Pantai Sasak," jelasnya.

Selain Pantai Sasak, objek wisata lainnya seperti Waterboom Pasang Tujuh, Pantai Air Bangis, Pulau Panjang, Pulau Pigago, Pantai Sikabau, Air Terjun Siburai-Burai Kajai, Ikan larangan Lubuk Landur dan lainnya juga dipadati pengunjung.

"Perkiraan kami puluhan ribu pengunjung memadati sejumlah objek wisata yang ada di Pasaman Barat. Tentunya sangat bagus untuk perkembangan wisata Pasaman Barat kedepannya," jelasnya.

Salah seorang pengunjung, Nedi mengatakan dirinya sengaja berlibur membawa anak-anaknya ke Pantai Sasak karena tidak terlalu jauh dari Simpang Empat dan tidak macet.

"Dibandingkan keluar daerah kita direpotkan dengan macet panjang. Kalau ke Sasak tidak macet. Kedepannya saya berharap fasilitas dan arena permainan di Pantai Sasak ditingkatkan," harapnya. (*)