Obama Kunjungi Objek Wisata Tirta Empul

id Obama

Obama  Kunjungi Objek Wisata Tirta Empul

Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama (kedua kiri) bersama keluarga bermain arung jeram di Desa Bongkasa, Kabupaten Badung, Bali, Senin (26/6). Mantan orang nomor satu di Amerika Serikat tersebut berlibur di Pulau Dewata hingga 28 Juni 2018 dengan mengunjungi sejumlah tempat wisata unik dan unggulan di Bali. ANTARA FOTO/Wira Suryantala/foc/17.

Gianyar, (Antara Sumbar) - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama didampingi istrinya Michele Obama serta kedua putrinya Nathasa dan Malia mengunjungi objek wisata Tirta Empul di Desa Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Selasa sore.

Michele Obama serta kedua putrinya sempat berkeliling di objek wisata andalan itu menyaksikan puluhan wisatawan mancanegara berbaur dengan masyarakat Bali dalam prosesi ritual penyucian diri (melukat) pada belasan buah pancuran yang berderet di tepi kolam kawasan suci tersebut.

Kunjungan Presiden Amerika Serikat ke-44 itu berlangsung sekitar 30 menit sejak pukul 16.15 waktu setempat dengan pengawasan yang ketat dari pihak kepolisian.

Kunjungan ke objek wisata Tirta Empul pada hari terakhir dari lima hari menikmati liburan di Pulau Dewata, 23-28 Juni sempat menimbulkan rasa kaget dari masyarakat dan wisatawan di objek wisata yang lokasinya bersebelahan dengan Istana Kepresidenan Tampaksiring.

Barack Obama dalam kunjungan itu melambaikan tangan kepada masyarakat dan wisatawan dalam dan luar negeri yang saat itu cukup padat pasca Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Pelancong maupun masyarakat setempat sangat antusias menyambut kedatangan tamu istimewa itu, walaupun berada di objek wisata itu dalam waktu yang telatif singkat.

Nisa, seorang wisman mengaku kaget melihat mantan Presiden Barack Obama di objek wisata andalan Kabupaten Gianyar.

Kawasan suci Tirta Empul, Tampaksiring sekitar 65 km timur Denpasar itu memiliki sebanyak 30 pancuran yang airnya mengalir jernih tidak pernah henti, bermuara ke Sungai Pekerisan untuk mengairi ribuan hektare lahan persawahan yang berhilir di Pantai Lebih dan Pantai Keramas, Kabupaten Gianyar.

Keindahan panorama alam yang serasi dengan lingkungan sekitarnya yang menghijau dan lestari menjadikan objek wisata Tirta Empul sebagai objek wisata yang cukup menarik.

Air pancuran yang mengalir jernih dan besar itulah tempat wisman dan umat Hindu dari delapan kabupaten/kota di Bali menyucikan diri dengan cara mandi dan keramas pada 30 pancuran yang berpindah-pindah dari satu pancoran ke pancoran lainnya.

Umat yang membludak dari berbagai desa di Bali, termasuk wisman pada hari-hari baik mengikuti antrian untuk menyucikan diri secara tertib dan lancar.

Barack Obama bersama istrinya Michele Obama serta kedua putrinya Nathasa dan Malia sebelumnya juga sempat mengunjungi Museum Arma Ubud dan Subak Jatiluwih di Kabupaten Tabanan. ***1***