Satpol Air Polres Pasaman Barat Jaga Dermaga Air Bangis

id Satpol air

 Satpol Air Polres Pasaman Barat Jaga Dermaga Air Bangis

Jajaran Satpol Air Polres Pasaman Barat bersama Dishub, BPBD dan TNI menjaga dermaga Air Bangis untuk mengawasi keselamatan wisatawan selama libur Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah, Selasa (27/6). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Puluhan personil Satuan Polisi Air Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan penjagaan dipinggir dermaga Air Bangis sebagai antisipasi kecelakaan dan keselamatan pengunjung objek wisata di daerah itu.

"Benar, kita melakukan penjagaan di dermaga bersama petugas Dinas Perhubungan dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat setiap hari selama libur Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Iman Pribadi Santoso melalui Kepala Satuan (Kasat) Pol Air, AKP Sutarman dan Kasubag Humas AKP Muzhendra, Selasa (27/6)

Ia mengatakan pihaknya melakukan penjagaan terhadap wisatawan yang hendak menuju Pulau Pigago dengan membatasi jumlah pengunjung yang menaiki kapal tujuan pulau tersebut.

"Bagi kapal yang melebihi kapasitas, maka akan ditindak oleh petigas karena kapasitas kapal itu sudah jelas. Jangan coba-coba bahayakan penumpang," katanya.

Pihaknya juga memberi himbauan kepada masyarakat agar waspada memilih kapal yang hendak membawa penumpang.

"Diperkirakan jumlah pengunjung setiap harinya mencapai dua ribu orang. Bahkan jumlah pengunjung diperkirakan akan terus meningkat kedepannya." sebutnya.

Ia terus melakukan imbaun dan pengawasan terhadap pengunjung dan nahkoda kapal pembawa penumpang menuju Pulau Pigago dan Pulau Panjang Air Bangis.

"Kami tetap memberikan pengawasan, kapal yang melebihi kapasitas akan ditindak, dan penumpangnya dipindahkan ke kapal lain," ujarnya.

Ia menambahkan, kapal yang membawa penumpang ke Pulau Panjang dan Pulau Pigago bermacam ukuran dan kapasitas.

Ada kapal penumpang yang berkapasitas 10-12 orang dan ada juga kapal yang berkapasitas sampai 15 orang sekali bawa.

"Kedua pulau itu menjadi tempat favorit masyarakat saat liburan karena memiliki pantai yang indah," katanya.