Agam Tampilkan Kesenian Tradisional di Lokasi Wisata

id Agam

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menampilkan berbagai kesenian daerah di sejumlah objek wisatawan untuk menghibur wisatawan dalam meningkatkan jumlah kunjungan.

"Kesenian daerah seperti, tambua tansa, saluang, tari piring dan lainnya ini kita adakan di Objek Wisata Banda Mutiara, Muko-muko, Pantai Tiku dan lainnya," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam Hadi Suryadi di Lubukbasung, Selasa.

Kesenian daerah ini, katanya, ditampilkan selama libur Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah dengan tujuan untuk menarik kunjungan ke objek wisata itu.

Dengan cara ini, warga akan mendatangi objek wisata di Agam, sehingga target kunjungan 92.615 orang selama libur Lebaran akan tercapai nantinya.

"Saya optimis penampilan kesenian daerah ini akan jadi daya tarik tersendiri ," katanya.

Sebelum libur Lebaran, objek wisata tersebut juga telah direnovasi mulai dari kamar mandi, tempat ibadah, warung dan lainnya.

Selain itu, juga diturunkan tim untuk menerima keluhan dari pengunjung terkait layanan, harga makanan, tarif parkir dan lainnya.

"Di lokasi objek wisata juga didirikan pos pantau untuk memberikan bantuan bagi pengunjung, mengatur lalu lintas dan lainnya," katanya.

Salah seorang pengunjung Objek Wisata Bandar Mutiara, Puliani (52), mengatakan pihaknya beserta keluarga yang lain merasa terhibur, karena sudah lama tidak menikmati kesenian tersebut semenjak berada di Jakarta.

Namun dia berharap ini dipertahankan dan jumlah kesenian yang ditampilkan diperbanyak pada libur lebaran tahun depan.

"Dengan cara ini, kami yang berasal dari rantau merasa terhibur dan ini juga bisa melestarikan kebudayaan bagi generasi muda," ujarnya.