Kedatangan Pemudik di BIM Tetap Tinggi Saat Idulfitri

id mudik

Kedatangan Pemudik di BIM Tetap Tinggi  Saat Idulfitri

Sejumlah pemudik mengambil bagasi saat tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatera Barat, Senin (19/6). Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, sebanyak 379 penerbangan tambahan (ekstra flight) diadakan oleh sejumlah maskapai, mulai H-11 hingga H+ 15 dengan jumlah kursi 2.844 tempat duduk setiap hari. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/ama/17

Padangpariaman, (Antara Sumbar ) - Arus kedatangan pemudik khususnya domestik di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatera Barat, tetap tinggi pada Minggu (25/6) atau bertepatan dengan hari Lebaran.

"Pada hari H1 atau 25 Juni 2017 jumlah pemudik yang tiba mencapai 6.907 orang atau naik 10,80 persen dan pada H2 atau 26 Juni 2017 mencapai 6.997 orang atau tumbuh 5,41 persen," kata Humas PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau Fendrick Sondra di Padangpariaman, Selasa.

Menurutnya, 6.907 pemudik yang tiba pada H1 diangkut oleh 38 penerbangan dan pada H2 diangkut 39 pesawat udara.

Sementara, keberangkatan pemudik di Bandara Internasional Minangkabau pada H1 dan H2 juga tercatat masih tinggi.

Pada H1 jumlah pemudik yang berangkat berjumlah 2.108 orang atau naik 17 persen dibandingkan periode yang sama pada 2016 dan pada H2 4.217 penumpang atau turun 20,39 persen dibandingkan tahun sebelumnya, ujar dia.

Untuk memaksimalkan layanan bagi pemudik mulai H-3 disiapkan personel tambahan dari internal untuk pelayanan dan tambahan dari TNI dan Polri untuk membantu pengamanan.

Dari Kepolisian ada tambahan lima personel orang per hari dan TNI AL serta AU tujuh orang per hari, ujarnya.

Ia mengatakan petugas juga akan melakukan pengecekan secara acak terhadap kendaraan yang keluar masuk bandara di pintu parkir.

Untuk pelayanan parkir kendaraan dan keluar masuk, Bandara Internasional Minangkabau mulai mengoperasikan pintu parkir yang telah selesai pengerjaannya dan penggunaan jalan yang telah diperluas.

Tidak hanya itu untuk melayani pemudik disiapkan hiburan musik tradisional Minang yaitu talempong guna menyambut pemudik yang tiba di bandara.

"Mulai H-3 atau 22 Juni 2017 sampai H+3 atau 29 Juni 2017 kami menyiapkam hiburan musik talempong di area kedatangan penumpang dan selasar bandara," katanya.

Menyambut pemudik Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyiapkan peta destinasi wisata unggulan yang bisa dijadikan rujukan bagi wisatawan dan perantau saat libur lebaran 1438 Hijriah yang dbagikan diterminal kedatangan BIM

"Selain untuk mempromosikan destinasi wisata, ini juga untuk memudahkan wisatawan dan perantau untuk memilih destinasi yang ingin dikunjungi," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian.