Jangan Khawatir Cari Tempat Parkir di Bukittinggi, Kodim 0304 Agam Sediakan Lahan Tambahan

id Parkir, Bukittinggi, Lebaran

Jangan Khawatir Cari Tempat Parkir di Bukittinggi, Kodim 0304 Agam Sediakan Lahan Tambahan

Ilustrasi parkir liar. (ANTARA FOTO)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0304 Agam, Sumatera Barat, menyediakan lahan parkir tambahan bagi pengunjung yang akan datang berliburan di Kota Bukittinggi.

Komandan Kodim 0304 Agam, Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara saat di konfirmasi di Bukittinggi, Senin, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan lokasi khusus untuk parkir kendaraan yang datang.

"Permintaan pemerintahan kota serta masyarakat tentu kita bantu, salah satunya dengan pengadaan lahan parkir," katanya.

Ia mengimbau pada seluruh pengunjung yang akan datang ke Kota Bukittinggi agar tidak membawa kendaraan ke dalam kota, karena akan menyebabkan kemacetan.

Menurutnya pada lahan parkir yang telah pihaknya sediakan dapat menampung kendaraan dalam jumlah yang besar, sehingga pengunjung tidak harus memaksakan untuk tetap parkir di kawasan pusat kota.

"Di sekitar kawasan Kodim terdapat lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan," ujarnya.

Ia menambahkan apabila pengunjung tetap memaksakan untuk masuk ke dalam kota menggunakan kendaraan maka potensi kemacetan akan semakin tinggi dan sangat berisiko jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kalau di dalam kota biasanya pengunjung akan menggunakan badan jalan untuk parkir, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka akan sulit untuk melakukan evakuasi," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Bukittinggi, Elvis Syahri Munir mengatakan untuk tarif parkir di dalam kota adalah Rp2.000 untuk roda empat dan Rp1.000 untuk roda dua.

"Aturan untuk tarif parkir di seluruh Kota Bukittinggi sudah ada dalam Perda No. 4 Tahun 2011, perbedaan tarif hanya untuk lahan parkir di dalam gedung, sebab di sana berlaku tarif progresif," katanya. (*)