32 Tim Ikuti Pawai Takbiran di Agam

id Takbiran

32 Tim Ikuti Pawai Takbiran di Agam

Padangpariaman, 15/11 - Ratusan anak-anak Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof.Dr.Hamka di Pasar Usang, Kabupaten Padangpariaman, Sumbar, menggelar pawai obor sambil mengumandangkan gema takbir di Jalan Raya Padang-Bukittinggi, Senin malam (15/11). Mereka menggelar pawai obor yang merupakan tradisi dalam menyambut malam takbiran karena pada Selasa (16/11) akan melaksanakan Shalat Idul Adha sesuai yang ditetapkan Muhammadiyah. FOTO ANTARA SUMBAR/Iggoy el Fitra ()

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Sebanyak 32 tim mengikuti pawai takbiran menggunakan obor yang di adakan Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, pada malam Idul Fitri 1438 Hijriyah, Sabtu (24/6).

Pawai takbiran yang diikuti murid TPA, MDA, SMP, MTs, SMA, MA dan remaja masjid se Kecamatan Lubukbasung ini dilepas Bupati Agam Indra Catri di halaman Masjid Agung Nurul Falah Lubukbasung, Sabtu.

Bupati Agam Indra Catri di Lubukbasung, mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari Pemkab Agam setiap tahun menjelang lebaran.

"Kita rutin menggelar kegiatan ini setiap tahun dan rute pawai obor ini mengelilingi Kota Lubukbasung," katanya.

Bupati memberikan apresiasi kepada ratusan peserta yang telah ikut kegiatan ini, sehingga kegiatan tersebut sangat meriah.

Warga tumpah ruah menyaksikan pawai obor tersebut di sepanjang ruas jalan yang dilalui peserta.

"Ini merupakan hiburan dari masyarakat karena kegiatan ini hanya satu kali setahun," katanya.

Ia berharap kepada warga untuk selalu memeriahkan kegiatan keagamaan dalam mensyiarkan agama Islam.

Ia menambahkan, Shalat Idul Fitri akan dipusatkan di halaman kantor Bupati dan akan diikuti sekitar ribuan jemaah.

Bertindak sebagai khatib pada Shalat Idul Fitri itu yakni, Eka Putra Wirman Rektor UIN Imam Bonjol Padang dan imam Nasir Sikumbang dosen Sekolah Tinggi Agama Islam dan Pengembangan Ilmu Al quran Padang. (*)