PMI Sediakan Pos Pelayanan Ambulans Pertolongan Pertama

id PMI

PMI Sediakan Pos Pelayanan Ambulans Pertolongan Pertama

Palang Merah Indonesia (PMI). ( Antara)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), menyediakan tiga pos pelayanan ambulans dan pertolongan pertama selama masa libur lebaran 1438 Hijriah.

Ketua Markas PMI Bukittinggi, Ahmad Jaiz di Bukittinggi, Sabtu, mengatakan pos utama berada di markas PMI yang berlokasi di Jalan A Rivai tidak jauh dari Rumah Sakit Achmad Muchtar.

Kemudian dua pos lain ditempatkan di dekat objek wisata Jam Gadang dan di Jambu Air. PMI Bukittinggi juga menyediakan dua pos lain berlokasi di Garegeh dan di Bypass.

"Total ada 30 personel PMI yang turun membantu memberikan pelayanan pada masa libur lebaran kali ini," katanya.

Ia mengatakan, selama masa liburan kasus yang sering terjadi dan dibantu penanganannya oleh PMI adalah kasus kecelakaan lalu lintas sehingga ia mengimbau agar pengendara memastikan diri dalam kondisi bugar saat mengemudi.

Kemudian kasus lain berupa masyarakat pengunjung yang mengalami kelelahan atau pusing ketika sedang berwisata.

"Melalui pos yang tersedia, kami berharap dapat memberikan bantuan pertama secepat mungkin sekiranya masyarakat yang sedang berlibur membutuhkan," ujarnya.

Sementara, sebelumnya pemerintah daerah setempat juga telah menyiagakan tim medis untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat yang sedang berlibur di kota tersebut.

Wali Kota setempat, M Ramlan Nurmatias mengatakan tujuh mobil kesehatan akan ditempatkan di lokasi kemaramain dan objek wisata sehingga bila ada yang membutuhkan pertolongan akan dapat langsung dibantu. (*)