Presiden Jenguk Mang Ihin Usai Shalat Zuhur

id Presiden Jokowi

Presiden Jenguk Mang Ihin Usai Shalat Zuhur

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Antara)

Bandung, (Antara Sumbar) - Presiden Joko Widodo menjenguk tokoh Jawa Barat Solihin Gautama Purwanegara atau Mang Ihin usai menunaikan shalat Zuhur berjamaah di Masjid Cipaganti.

Presiden Jokowi tiba di kediaman Mang Ihin di Jalan Cisitu Indah VI pada Sabtu, sekitar pukul 12.30 WIB.

"Saya baru saja menjenguk Bapak Solihin GP sebagai seorang tokoh nasional, juga sesepuh di Provinsi Jawa Barat. Usia Beliau sekarang sudah 90 tahun, tetapi beliau masih sehat," kata Presiden usai menjenguk Solihin GP di Bandung pada Sabtu.

Menurut Presiden Jokowi, Mang Ihin juga memberikan petuah kepada Presiden, beberapa di antaranya mengenai Pancasila dan persatuan bangsa.

Mantan gubernur Jabar itu menyampaikan agar Pancasila dijaga dan dirawat sebagai pemersatu bangsa.

"Beliau pesan betul agar Pancasila dijaga, dirawat betul-betul sebagai sebuah dasar negara, sebagai sebuah ideologi bangsa kita," tambah Presiden Jokowi.

Presiden menjenguk Solihin GP selama sekitar 1 jam.

Kehadiran Presiden Jokowi disambut oleh beberapa anak Mang Ihin di kediamannya yang asri dan dikelilingi taman itu.

"Marilah kita doakan bersama-sama agar beliau diberikan kesehatan yang prima, diberikan kesembuhan sehingga bisa beraktivitas seperti sedia kala," ucap Presiden.

Selain itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga turut bersama menjenguk Mang Ihin.

Susi datang sesaat sebelum Presiden tiba di rumah Solihin GP.

Solihin Gautama Purwanegara adalah Gubernur Jawa Barat ke-10 pada 1970-1974 yang juga pernah menjabat sebagai Pangdam XIV Hasanuddin pada 1965-1968 dan pada 21 Juli nanti akan berusia 91 tahun.

Mang Ihin sebelumnya dirawat di RS Advent, Bandung karena serangan stroke ringan dan saat ini melakukan rawat jalan di kediaman.

Turut mendampingi kunjungan Presiden ke Bandung yaitu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kepala Staf Presiden Teten Masduki serta Kapolda Jawa Barat Irjen (Pol) Anton Charliyan dan Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) M Iriawan.

Usai menjenguk Mang Ihin, Presiden dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Sabtu pukul 14.00 WIB. (*)