PMI Pasaman Barat Dirikan Pos Pelayanan dan Turunkan Relawan Selama Lebaran

id Pasaman barat

PMI Pasaman Barat Dirikan Pos Pelayanan dan Turunkan Relawan Selama Lebaran

Bupati Pasaman Barat, Syahiran (tengah) didampingi Ketua PMI, Yunisra bersama relawan PMI saat meninjau pos pelayanan PMI yang didirikan di Batang Toman Simpang Empat, Jumat (23/6). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat,(Antara Sumbar) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mendirikan Pos Pelayanan Pertolongan Pertama dengan menurunkan lima orang relawan setiap hari selama lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Benar, dalam rangka siaga lebaran dan surat edaran PMI pusat dan PMI Provinsi maka kita mendirikan Pos Pelayanan Pertolongan Pertama," kata Ketua PMI Pasaman Barat, Yunisra disampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Sumber Daya, Rida Warsa di Simpang Empat, Sabtu (24/6).

Ia mengatakan pihaknya mendirikan pos dijalur lintas Simpang Empat-Manggopoh tepatnya di Batang Toman Simpang Empat 21 Juni sampai 2 Juli 2017.

Pihaknya menurunkan lima orang relawan setiap harinya, satu unit ambulance, satu unit mobil Pckup Ford Ranger, dua unit motor, dan peralatan radio komunikasi serta peralatan lainnya.

"Kita siap memberikan pelayanan maksimal kepada pemudik dan masyarakat umumnya selama kegiatan lebaran," katanya.

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Sumber Daya, Rida Warsa menambahkan pihaknya juga mendirikan pos pelayanan pertolongan pertama dan menyediakan ambulance di objek wisata yang ada.

Pihaknya mendirikan pos di Pantai Sasak, Pantai Air Bangis, Waterboom HIC Padang Tujuh dengan menurunkan masing-masing empat orang relawan terlatih lengkap dengan peralatan dan kendaraan operasional.

"Ketiga lokasi itu merupakan objek wisata vital yang ada di Pasaman Barat dan menjadi tujuan masyarakat selama libur lebaran," ujarnya.

Ia menambahkan pada pos pelayanan jalur mudik PMI juga menyediakan layanan tambahan seperti layanan relawan donor darah on call untuk masyarakat yang membutuhkan darah dan layanan restiran area bagi pemudik yang ingin beristirahat sejenak.

"Selain didukung penuh oleh Pemkab Pasaman Barat, PMI juga dukung oleh BFI Finance, Dealer Honda Hayati dan Dealer mobil Auto 2000," jelasnya.

Ia berharap dengan kehadiran PMI saat lebaran maka masyarakat yang membutuhkan pertolongan pertama dan butuh darah akan bisa terbantu. (*)