Arus Mudik Di Sumbar Lancar Hingga H-3 Lebaran

id Arus mudik

Arus Mudik Di Sumbar Lancar Hingga H-3 Lebaran

Antrean kendaraan di Jalan raya Bukittinggi - Padangpanjang. ( )

Padang, (Antara Sumbar) - Arus mudik di beberapa daerah Sumatera Barat, sampai Kamis atau H-3 Lebaran secara umum masih lancar, kecuali keberadaan taksi liar di Bandara Internasional Minangkabau berpotensi mengganggu kenyamanan pengguna bandara.

"berdasarkan laporan, sampai H-3 masih lancar. Belum ada laporan mengenai kecelakaan fatal," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat meninjau Pos Komando Taktis (Poskotis) Lebaran 1438 Hijriah di Padang Pariaman dan Padang, Kamis.

Namun, menurutnya ada laporan dari pihak Angkasa Pura II terkait keberadaan taksi liar di Bandara Internasional Minangkabau yang berpotensi mengganggu kenyamanan pemudik.

"Kita sudah koordinasi dengan Polda Sumbar terkait hal ini. Secepatnya diatasi," kata dia.

Hingga saat ini menurutnya kedatangan di BIM sudah mencapai 70 ribu orang dan diperkirakan terus bertambah hingga lebaran.

Sementara itu Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal yang juga ikut dalam rombongan mengatakan pihaknya menurunkan 2.954 personel pengamanan Idul Fitri 1438 Hijriah dalam Operasi Ramadnia 2017.

Personel itu ditempatkan pada 101 titik pos pengamanan arus mudik dan arus balik yang tersebar di wilayah Sumbar.

Menurut dia seluruh personel tersebut terdiri dari jajaran Polda Sumbar, TNI, Dishub, Damkar, PMI, Pramuka dan Senkom Mitra Polri.

Mereka akan bertugas melakukan pengamanan di posko yang telah ditetapkan. (*)