Tiga Calon Haji Dharmasraya Batal Berangkat

id Calon haji

Tiga Calon Haji Dharmasraya Batal Berangkat

Sejumlah jamaah calon haji asal Kabupaten Tegal memasuki Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/8). Sebanyak 347 calon haji kloter pertama asal Kabupaten Tegal tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali, yang selanjutnya dikarantina untuk pembekalan bimbingan ibadah haji dan direncanakan berangkat ke tanah suci Mekkah pada Selasa (9/8). ( ANTARA FOTO/ Aloysius Jarot Nugroho/pd.)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Sebanyak tiga jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, batal berangkat ke tanah suci Mekkah karena menunda keberangkatan dan meninggal dunia.

"Tiga jemaah calon haji yang batal berangkat itu satu orang meninggal dunia dan dua orang merupakan pasangan suami istri menunda keberangkatan karena masalah internal keluarga," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya, Suhardi di Pulau Punjung, Kamis.

Ia menjelaskan karena tiga JCH batal berangkat, sehingga kuota haji di daerah itu berkurang dari sebanyak 279 jemaah menjadi 276 calon haji.

Tetapi, katanya, terdapat tiga calon haji yang mutasi keberangkatan ke Kabupaten Sijunjung dan Kota Padang. Sehingga total calon haji asal daerah itu yang berangkat menjadi 273.

"Terkait persiapan kelengkapan administrasi, seperti paspor, pemeriksaan kesehatan, dan pelunasan BPIH sudah mencapai 99 persen. Hanya tinggal berapa jamaah tambahan yang belum melunasi," ungkapnya.

Ia mengatakan mengenai pelaksanaan manasiak haji calon jamaah akan mengikuti manasiak sebanyak delapan kali di masing-masing kecamatan yang dananya disiapkan pemerintah.

"Kalau pelaksanaan manasiak mandiri yang dikelola Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) sudah selesai dilaksanakan sebanyak 18 jali," ujarnya.

Ia menambahkan calon haji Dharmasraya diperkirakan akan diterbangkan ke tanah suci Mekkah 9 Agustus 2017 dan tergabung ke dalam kelompok terbang sembilan.

"Informasi sementara keberangkatan calon haji kita tergabung ke kloter sembilan, untuk keberangkatan ke embarkasi Padang terjadwal 8 Agustus," ujarnya.

Terpisah, Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal berpesan agar para calon haji mulai mempersiapkan fisik dengan sebaik mungkin, karena sebagaimana diketahui ibadah haji merupakan rangkaian ibadah yang cukup berat.

"Ibadah haji merupakan kesempurnaan keislaman seseorang, karena rangkaian prosesi ibadahnya pun sangat menguras energi," sebutnya. (*)