Dinas Pertanian Prediksi Pemotongan Ternak 640 Ekor

id Pemotongan ternak

Dinas Pertanian Prediksi Pemotongan Ternak 640 Ekor

Ilustrasi. (Antara)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Sumatera Barat, memprediksi jumlah pemotongan sapi dan kerbau sebanyak 640 ekor selama lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah.

Sekretaris Dinas Pertanian Agam, Arief Restu didampingi Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil, Ronal Depson di Lubukbasung, mengatakan, ke 640 ekor sapi ini dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH) dan sekitar kediaman warga.

"Pemotongan ini akan dilakukan satu hari menjelang lebaran atau pada Sabtu (24/6) dini hari," katanya.

Ia mengakui, jumlah pemotongan tahun ini hampir sama dengan tahun sebelumnya dengan jumlah sebanyak 640 ekor. Namun yang berbeda hanya pada ukuran sapi dan kerbau tersebut.

Pemotongan sapi dan kerbau ini, tambahnya, merupakan tradisi masyarakat di Kecamatan Lubukbasung, Ampeknagari, Palembayan, Ampekkoto dan lainnya menjelang lebaran.

Pada umumnya, warga secara berkelompok memotong sapi dengan keluarga, tetangga dan lainnya.

"Mereka mengumpulkan uang untuk membeli sapi dan kerbau. Setelah itu dipotong dan dibagi sama banyak. Ada sebagian mereka menjual daging itu ke pasar tradisional," katanya.

Ia menambahkan, sapi yang dipotong berasal dari peternak yang ada di daerah itu.

Namun sapi dan kerbau betina yang dipotong tidak boleh produktif, mengindap penyakit antraks, cacing hati, jembrana dan lainnya.

Untuk mengatasi ini, Dinas Pertanian Agam membentuk Tim Pengawasan Peredaran Bahan Pangan Asal Hewan (TPPBAH) untuk memeriksa kesehatan sapi dan kerbau yang akan disemlih.

"Tim yang berjumlah 21 orang itu terdiri atas dokter hewan, petugas kesehatan hewan dari Dinas Pertanian Agam dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Peternakan kecamatan," katanya.

Tempat terpisah, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah setempat, Aryati menambahkan, harga daging sapi murni masih normal sebesar Rp120.000 per kilogram.

Ini berdasarkan hasil penitoring harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di daerah itu.

"Ini data yang kita peroleh dari pedagang daging di pasar tradisional daerah itu," katanya. (*)