Limapuluh Kota Akan Hadirkan Pawai Obor Parade Bedug Malam Takbiran

id Malam takbiran

Limapuluh Kota Akan Hadirkan Pawai Obor Parade Bedug Malam Takbiran

Padangpariaman, 15/11 - Ratusan anak-anak Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof.Dr.Hamka di Pasar Usang, Kabupaten Padangpariaman, Sumbar, menggelar pawai obor sambil mengumandangkan gema takbir di Jalan Raya Padang-Bukittinggi, Senin malam (15/11). Mereka menggelar pawai obor yang merupakan tradisi dalam menyambut malam takbiran karena pada Selasa (16/11) akan melaksanakan Shalat Idul Adha sesuai yang ditetapkan Muhammadiyah. FOTO ANTARA SUMBAR/Iggoy el Fitra ()

Sarilamak, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar pawai obor dan parade bedug untuk memeriahkan malam takbiran Idul Fitri 1438 Hijriah.

Kepala Bagian Kesra Sekdakab Limapuluh Kota Arwital saat dihubungi dari Payakumbuh Kamis mengatakan untuk menyukseskan kegiatan tersebut, diharapkan peran serta semua Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan masyarakat setempat.

"Nantinya seluruh OPD dan masyarakat turut hadir dalam memeriahkan malam takbiran dan pelaksanaan sholat raya idul fitri," kata dia.

Ia mengatakan rencananya acara malam takbiran tersebut, peserta akan membawa 200 pawai obor yang terdiri dari OPD di Lingkungan Pemkab Limapuluh Kota, wali nagari, kelompok yasin, Forum Kimunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) dan masyarakat.

Pawai obor yang digelar secara massal itu akan dilepas dari Masjid Nurul Iklas Sarilamak dan selanjutnya mengelilingi jalan sekitaran komplek Kantor Bupati Limapuluh Kota.

Setelah pawai obor, dilanjutkan dengan parade bedug di Kawasan Kantor Bupati Limapuluh, Sarilamak.

Sementara untuk pengamanan jalan yang akan dilalui saat kegiatan pawai obor tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) setempat.

"Tetapi, bagi masyarakat yang mengikuti kegiatan ini, diimbau agar tetap berhati-hati. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat masing-masing peserta memegang obor yang terbuat dari potongan bambu," kata dia.

Sementara itu Kapolsek Harau AKP JL Toruan menghimbau agar nantinya peserta pawai obor tetap mengikuti aturan, sehingga nantinya acara berjalan aman dan lancar.

"Diharapkan nantinya para peserta pawai obor mengikuti aturan yang ada dan tidak mengganggu pengguna lalu lintas," kata dia.

Hal itu, karena momen tersebut jalan raya akan dipadati kendaraan, baik bagi mereka yang mudik lebaran maupun melaksanakan takbiran. (*)