Ketua DPR Puji Pengelolaan Mudik Pemerintah

id Setya Novanto, Ketua DPR, Mudik, Lebaran

Ketua DPR Puji Pengelolaan Mudik Pemerintah

Ketua DPR RI, Setya Novanto. (ANTARA FOTO)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Ketua DPR RI Setya Novanto memuji pengelolaan mudik tahun 2017 yang dilakukan oleh pemerintah.

"Lintas komunikasi dan telekomunikasi, lintas transportasi seperti kereta api serta lintas infrastruktur berjalan baik. Karena itulah kita patut berterima kasih kepada pemerintah karena semuanya berjalan dengan lancar," ujar Setya Novanto usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis.

Selain itu, politisi Partai Golkar tersebut juga mengapresiasi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang bisa memberikan sarana dan prasarana mudik yang layak bagi semua lapisan masyarakat.

Setya pun berharap seluruh pemudik bisa sampai dengan selamat di tujuan masing-masing dan bertemu dengan sanak keluarga.

Namun, dia mengingatkan agar ketika kembali ke Jakarta, para pemudik tidak membawa serta keluarga ataupun kerabat dari kampung halaman.

"Biarlah yang di daerah membangun daerahnya masing-masing, sementara yang sudah di Jakarta bersama-sama bangun Ibu Kota demi pertumbuhan ekonomi nasional yang semakin baik," kata Setya Novanto.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui masih ada kekurangan pada mudik tahun 2017 khususnya terkait kapasitas kereta api.

Menurut Budi, jumlah kursi kereta api yang tersedia tidak bisa memenuhi permintaan yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, pemerintah akan berusaha agar proyek kereta api cepat Jakarta-Surabaya bisa direalisasikan mulai awal tahun 2018 agar bisa selesai tahun 2019 atau 2020.

"Kecepatannya mencapai 160 kilometer perjam dan membuat waktu tempuh Jakarta ke Surabaya hanya lima jam. Ini program utama yang akan dilakukan pemerintah karena kami meyakini keberadaan kereta api tersebut membuat produktivitas semakin tinggi," tutur Budi.

Adapun sidak di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, dilakukan secara bersama oleh Ketua DPR RI Setya Novanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro sejak sekitar pukul 13.20 WIB hingga pukul 14.00 WIB. (*)