Kementerian PUPR Perbaiki 573 RTLH Pesisir Selatan

id Mukhridal

Kementerian PUPR Perbaiki 573 RTLH Pesisir Selatan

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Pesisir Selatan, Mukhridal. (cc)

Painan, (Antara Sumbar) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2017 akan memperbaiki sebanyak 573 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

"Perbaikan RTLH akan dilakukan di Kecamatan IV Jurai, Sutera dan Lengayang, dengan anggaran Rp15 juta per unit," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Pesisir Selatan, Mukhridal di Painan, Kamis.

Ia menambahkan saat ini proses penerimaan bantuan masih dalam tahap melengkapi administrasi, diperkirakan pada Januari 2018 pembangunan sudah bisa dimulai.

Menurutnya bantuan perbaikan rumah ini belum semua terakomodasi, karena jumlah RTLH seperti di IV Jurai sebanyak 221 sementara yang akan dibangun baru 122 unit.

Kemudian di Kecamatan Sutera sebanyak 783 unit yang akan dibangun hanya 174 unit, begitu juga dengan Lengayang sebanyak 610 unit yang akan dibangun 277 unit.

"Mudah-mudahan tahun depan kekurangan ini bisa dicukupi oleh kementerian terkait," katanya.

Ia meminta agar bantuan pembangunan rumah ini tidak menjadi pertentangan di tengah-tengah masyarakat, karena penerima bantuan ditentukan langsung oleh kementerian terkait.

"Tidak ada campur tangan kabupaten, kami hanya memberikan data beserta alamat pemilik rumah tidak layak huni, seterusnya siapa yang menerima kementerian terkait yang menentukan, setelah itu kami melakukan survei untuk memastikan keakuratan data penerima," ujarnya.

Jika pada survei tersebut diketahui penerima telah pindah tempat tinggal atau perekonomiannya sudah membaik, maka sesuai aturan bisa dialihkan ke rumah tidak layak huni lainnya, namun pada lokasi yang berdekatan.

Sesuai dengan data Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan setempat rumah tidak layak huni di daerah itu berjumlah 6.387 unit, dan terbanyak berada di Kecamatan Ranah Pesisir yang berjumlah 904 unit.

Tokoh masyarakat Lakitan Tengah, Lengayang, yang juga wali nagari di daerah setempat, Irwandi, mengatakan program bantuan rumah bagi keluarga kurang mampu harus terus digalakkan.

Menurutnya dengan bantuan rumah maka keluarga yang kurang beruntung bisa fokus kepada hal lain seperti kesehatan dan juga pendidikan. (*)