KAI Sumbar Bentuk Posko Pengamanan Jalur Kereta Wisata

id KAI

KAI Sumbar Bentuk Posko Pengamanan Jalur Kereta Wisata

PT Kereta Api Indonesia (KAI). (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II Sumatera Barat membentuk empat posko untuk mengamankan jalur kereta wisata Padang-Pariaman selama liburan lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Di ke empat posko tersebut akan ditempatkan 98 personel KAI yang mulai aktif dari 26 Juni hingga 09 Juli 2017," kata Humas PT KAI Divre II Sumbar, Zainir di Padang, Rabu.

Ia menjelaskan ke empat posko tersebut berada di Stasiun Padang, Stasiun Tabing, Stasiun Pariaman dan Stasiun Lubuk Alung.

Selain petugas di posko, pihaknya juga menurunkan tim untuk memantau dan memeriksa jalur-jalur yang dilewati oleh kereta api.

"Petugas ini setiap hari akan memeriksa jalur-jalur kereta api tersebut, memastikan jalur dalam kondisi bagus ketika dilintasi," kata dia.

Ia mengatakan ada sekitar 40 perlintasan ilegal yang rawan terjadi kecelakaan, salah satunya di kawasan Lubuk Buaya, Kayu Kalek, Sintuk, Kurai Taji dan Lubuk Alung.

Perlintasan itu tidak memiliki palang pintu untuk menghambat kendaraan lain melintas ketika kereta api lewat.

"Petugas tersebut akan bertugas di titik-titik rawan itu, harapan kita tidak ada kecelakaan yang terjadi saat libur lebaran ini," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat yang akan menggunakan jasa kereta api agar antre ketika membeli tiket. Setiap orang dibatasi hanya boleh membeli empat lembar tiket saja.

"Untuk tiket Padang-Pariaman dan sebaliknya harga tiket sebesar Rp5.000 per lembar," kata dia. (*)