Legislator: Rastra Harus Tersalurkan Sebelum Lebaran

id Hermanto

Legislator: Rastra Harus Tersalurkan Sebelum Lebaran

Anggota DPR RI Hermanto (dua dari kanan) menyaksikan penyerahan bantuan sembako oleh Kepala Bulog Divre Sumbar Benhur Nkaimi (kanan) kepada masyarakat di Padang, Rabu

Padang, (Antara Sumbar) - Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto meminta Bulog harus menyalurkan beras untuk masyarakat prasejahtera 100 persen kepada rumah tangga sasaran sebelum Lebaran 2017 sesuai dengan amanat negara kepada lembaga tersebut.

"Negara harus senantiasa hadir terutama saat rakyat sangat membutuhkannya seperti menjelang Lebaran sekarang ini," kata dia di Padang, Rabu, saat penyerahan bantuan sembako dari keluarga besar Bulog Divre Sumatera Barat kepada masyarakat.

Menurut dia, kebijakan rastra sesuai dengan sila ke-5 dari Pancasila yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

"Kebijakan rastra juga merupakan upaya negara merealisasikan amanat konstitusi bahwa fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara," ujar legislator dapil Sumatera Barat ini.

Sementara Kepala Bulog Divisi Regional Sumatera Barat Benhur Nkaimi melaporkan telah menyalurkan 90 persen rastra dan sisanya akan dikebut sampai Lebaran.

"Staf Bulog yang mengurus ini tidak akan diberi ijin cuti lebaran jika tidak mampu mencapai target penyaluran raskin 100 persen," katanya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menyurati Bulog setempat terkait temuan beras untuk masyarakat prasejahtera yang tidak laik konsumsi pada beberapa daerah.

"Kita sudah surati, juga sudah koordinasi langsung dengan Bulog Sumbar. Kemungkinan beras tidak laik konsumsi itu disebabkan gangguan pada gudang penyimpanan," kata Kepala Biro Perekonomian Sumbar, Heri Nofiardi.

Bulog Sumbar, menurut dia juga sudah berkomitmen untuk mengganti beras tidak laik konsumsi itu dengan beras baru.

Temuan rastra tidak laik konsumsi terjadi pada beberapa daerah tahun 2017, diantaranya Pesisir Selatan, Pasaman dan terakhir di Nagari Sitiung Kabupaten Dharmasraya. (*)