Tanah Datar Siapkan SDM Berkualitas

id Irdinansyah Tarmizi

Tanah Datar Siapkan SDM Berkualitas

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi. (Antara)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat terus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam menunjang pembangunan daerah.

"Peningkatan SDM mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah sehingga berbagai program dan kebijakan dijalankan untuk mendukung sektor ini," kata Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi di Batusangkar, Rabu.

Ia menyebutkan hasil kerja keras pihak sekolah, guru, peserta didik, dan orangtua pada 2017 ini sebanyak 4.400 siswa SLTA Tanah Datar diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia dimana sebanyak 1.320 siswa diantaranya tercatat sebagai mahasiswa undangan.

"Prestasi ini telah mengantarkan Tanah Datar meraih prestasi lima tahun berturut-turut sebagai kabupaten pengelola pendidikan terbaik Provinsi Sumbar, namun tahun ini tidak diselenggarakan seiring berpindahnya urusan SLTA menjadi wewenang provinsi," tambahnya.

Bupati mengharapkan dengan peningkatan kualitas SDM warga Tanah Datar ini dapat memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Di sisi lain bidang keagamaan, pemerintah daerah mempunyai program Kabupaten Tahfizd dan sudah seribuan anak-anak Tanah Datar menjadi hafizd Al Quran," sebutnya.

Pemerintah daerah sudah merangkul guru-guru Lembaga Pendidikan Al Quran (LPA) agar program Tanah Datar Kabupaten Tahfizd dapat terus tercapai.

Sementara, Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra mengapresiasi program pengembangan SDM dan hafidz ini sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

"Dewan siap mendukung penganggaran dana dalam APBD karena selaras dengan visi misi daerah untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera," katanya. (*)