Dinas Kesehatan Pasaman Barat Siapkan 20 Puskesmas Selama Lebaran

id Puskesmas, Lebaran, Pasaman Barat

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menyiagakan 20 puskesmas untuk melayani masyarakat selama Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Kita akan siagakan 20 Puskesmas selama 24 jam selama lebaran nantinya termasuk dokternya yang siap sedia," kata Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Hayunidra di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan 20 puskesmas yang disediakan tersebar di 11 kecamatan yang ada. Nantinya di puskesmas akan disiapkan perawat dengan sistem piket dengan tiga shif.

Pihaknya juga menyiapkan mobil ambulans di masing-masing puskesmas dan 13 posko pengamanan dan posko pelayanan yang didirikan oleh Polres Pasaman Barat.

"Adanya ambulans sebagai antisipasi bagi masyarakat yang emergency nantinya. Pokoknya kita siap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ujarnya.

Untuk mengecek kesiapan dan kesiagaan pos pelayanan pada puskemas, pihaknya mengunjungi 20 puskesmas yang tersebar pada 11 Kecamatan di Pasaman Barat.

"Semua petugas di puskesmas, sudah kita instruksikan untuk mestandbykan meskipun orang libur. Tidak ada libur selama arus mudik bagi petugas medis," ujarnya.

Begitu juga untuk RSUD Jambak Pasaman Barat, kesiapsiagakan petugas, dokter jaga tetap berjalan seperti biasa.

Begitu juga pada pos pengamanan polisi juga disiagakan petugas medis dari Dinas Kesehatan sepekan H-7 hingga H+7 Idul Fitri.

"Kesiapsiagaan puskesmas itu dilakukan untuk ewaspadai jika terjadi kasus kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah," katanya. (*)