Masih Tahap Perbaikan, Pemudik Waspadai Jalur Dharmasraya-Lubuk Selasih Solok

id Jalan Rusak, Jalan Nasional, Mudik, Lebaran

Masih Tahap Perbaikan, Pemudik Waspadai Jalur Dharmasraya-Lubuk Selasih Solok

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengimbau pemudik yang menggunakan jalur darat untuk mewaspadai dan berhati-hati karena sebagian jalan lintas Sumatera di daerah itu masih rusak dan dalam tahap perbaikan.

"Perlu hati-hati di ruas jalan lintas Sumatera yang masih dalam perbaikan itu mulai dari Dharmasraya, Sijunjung hingga Lubuk Selasih, Kabupaten Solok. Pemudik dari Jakarta hingga Jambi harus melewati jalur ini untuk ke Sumbar," ucapnya di Padang, Rabu.

Dahulukan keselamatan, jangan asal memotong kendaraan lain tanpa perhitungan karena sebagian jalan kita masih ada yang buruk dan berlobang, ujarnya.

Jalur lintas Sumatera bagian Selatan dari Bengkulu menuju Padang melewati Pesisir Selatan juga masih dalam tahap perbaikan. Sebagian ruas jalan masih berlobang.

Sebagian sudah dalam proses perbaikan namun belum tuntas. Badan jalan masih diselimuti pasir dan berdebu hingga pemudik yang menggunakan jalur ini juga harus berhati-hati.

Jalur lintas Sumatera yang menghubungkan Padang-Pekan Baru, Riau pada daerah Kecamatan Pangkalan atau perbatasan provinsi juga masih belum maksimal.

"Kita sudah koordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional III dan dipastikan tiga jalur lintas sumatera ini memang tidak bisa diselesaikan sebelum arus mudik," kata Nasrul.

Namun menurutnya, Pemprov Sumbar telah meminta agar titik-titik terparah agar didahulukan perbaikannya supaya pemudik agak lebih nyaman.

"Kita meminta maaf juga pada pemudik akibat ketidaknyamanan ini. Namun petugas telah disiagakan pada titik-titik rawan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi macet," ujarnya.

Ia berharap hal itu bisa sedikit memberikan kenyamanan pada pemudik.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Amran menyebut ruas jalan yang diprediksi macet pada arus mudik adalah beberapa titik pada Padang-Pekan Baru.

Mengatasinya diersiapkan jalur alternatif bagi pengendara Padang-Bukittinggi-Payakumbuh-Pekan Baru diantaranya untuk pemudik dari Padang menuju Bukittinggi, yang ingin menghindari kemacetan di Pasar Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman dapat melewati jalur alternatif Simpang Polsek Bandara Internasional Minangkabau (BIM)-Simpang Ketaping-Jembatan Lubuk Alung.

Untuk menghindari kemacetan di Pasar Sicincin, Padang Pariaman bisa melewati Simpang Polsek Bandara Minangkabau-Simpang Ketaping-Pariaman.

Pemudik juga bisa melewati jalur alternatif Sicincin-Malalak untuk menuju Kota Bukittinggi agar terhindar dari kemacetan di jalur utama seperti di kawasan Silaing, Pasar Koto Baru.

Lalu, pemudik juga dapat melewati jalur alternatif Simpang Pandai Sikek-Pasar Amur Kabupaten Tanah Datar untuk menghindari kemacetan di Pasar Koto Baru.

Bagi pemudik yang melintasi Padang-Kota Payakumbuh-Pekanbaru, atau sebaliknya yang ingin menghindari kemacetan di Kota Bukittinggi, bisa memanfaatkan Simpang Batu Palano-Sungai Puar-Simpang Tanjung Alam.

Sedangkan pemudik yang ingin menghindari kemacetan di Pasar Baso dan Simpang Piladang bisa melewati jalur Simpang Ampek Canduang-Tabek Patah-Situjuah-Payakumbuh.

"Dishub Sumbar juga telah berkoordinasi dengan jajaran Dishub pemerintah kabupaten/kota untuk memasang rambu-rambu di jalur alternatif tersebut agar pemudik bisa memanfaatkannya," kata dia. (*)