Satpol PP Pessel Sita Ribuan Petasan dan Pistol Mainan

id Petasan, Pistol Mainan, Mercon

Satpol PP Pessel Sita Ribuan Petasan dan Pistol Mainan

Razia petasan.

Painan, (Antara Sumbar) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyita ribuan petasan dan pistol mainan usai menggelar razia di sejumlah pasar dan toko mainan di daerah itu.

"Kami memaksimalkan razia petasan dan pistol mainan dalam mewujudkan ketertiban selama Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah," kata Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Pesisir Selatan, Harianto di Painan, Selasa.

Selain menyita, pihaknya juga mendata pedagang yang menjual barang tersebut. Selain itu pedagang juga telah membuat pernyataan untuk tidak kembali menjualnya.

Menurutnya selain menimbulkan kebisingan, ledakan petasan juga akan berdampak kepada ketidaknyamanan sehingga bisa memicu terjadinya keributan.

Begitu juga dengan pistol mainan, jika digunakan di luar kontrol bisa mencederai orang-orang di sekitar penggunanya. Apalagi jika sempat mengarah pada mata tentu cukup berisiko.

"Kami akan terus melakukan razia, kepada orang tua kami mengimbau agar selektif memberikan mainan kepada anak-anaknya, sehingga niat yang sebelumnya baik malah berdampak fatal," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan setempat, Syahrizal Antoni mengimbau masyarakat tidak meletuskan mercon karena asap yang keluar dari letusan jika terhirup dapat menyebabkan Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

"Dampaknya tidak secara langsung, namun dipastikan akan dirasakan tiga hingga tujuh tahun kemudian," sebutnya.

Selain itu penggunaan mercon juga bisa mencederai bagian tubuh seperti mata, jari, wajah dan bagian lainnya.

Agar tidak berdampak negatif ia mengajak warga tidak menggunakannya terutama oleh anak-anak karena lebih rentan. (*)