Polres Limapuluh Kota-Kampar Kerja Sama Amankan Lebaran

id poskostis

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi meresmikan Posko Terpadu di Fly Over Kelok Sembilan, Kecamatan Harau. Selama musim mudik Polres Limapuluh Kota menyiapkan lima pos pengamanan dan pelayanan serta satu posko terpadu untuk memonitor arus mudik. (Antara Sumbar/Mardikola Tri Rahmad)

Sarilamak, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Limapuluh Kota, Sumatera Barat bekerjasama dengan Polres Kampar untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selama arus mudik dan balik lebaran 2017.

Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Haris Hadis di Sarilamak, Selasa, mengatakan kerja sama itu difokuskan untuk memperketat pengamanan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, khususnya untuk jalur Sumbar-Riau.

"Target kami mewujudkan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik serta masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota," kata dia.

Ia mengatakan tim akan memonitoring secara intens, melakukan pemantauan di beberapa titik rawan kejahatan dan kemacetan.

Jika terjadi kemacetan akan dapat dilakukan penguraian sesegera mungkin dengan menggunakan jalur alternatif. Begitu juga untuk mengantisipasi serta menangani jika terjadi tindakan kejahatan.

Hal itu dikarenakan jalur mudik kedua daerah ini diprediksi akan padat, sebab masyarakat Sumbar banyak yang merantau ke Riau dan seperti biasa melakukan mudik setiap tahunnya.

Ia menambahkan selama Operasi Ramadniya 2017, Polres Limapuluh Kota menyiapkan lima pos pengamanan dan pelayanan serta satu posko terpadu untuk memonitor arus mudik. Posko terpadu juga ada di Fly Over Kelok Sembilan, Kecamatan Harau.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengatakan ada tiga poin yang perlu diutamakan selama arus mudik 2017. Ketiga poin tersebut adalah menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok, kondisi kamtibmas yang kondusif, serta kelancaran dan kenyamanan arus mudik maupun arus balik.

Untuk mewujudkan hal itu, Polri telah membentuk satuan tugas pangan untuk memantau dan menjaga harga pangan agar tetap stabil. Upaya tersebut diwujudkan melalui kerja sama dengan kementerian atau lembaga terkait.

Begitu juga penegakan hukum terhadap para pelaku penimbunan, pengoplosan, pemalsuan, maupun tindak pidana dan pelanggaran lainnya terkait pangan.

Kemudian untuk menjaga kondisi kamtibmas agar tetap aman dan kondusif, polres setempat diminta menekan angka kejahatan konvensional melalui peningkatan kegiatan preventif dan represif, serta melakukan deteksi dini terhadap kerawanan dengan mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas dan intelijen.

"Berikan himbauan untuk mengingatkan masyarakat agar senantiasa waspada dan turut bersama-sama dalam menjaga kamtibmas," kata dia usai gelar apel pasukan Operasi Ramadniya di Mapolres setempat.

Sementara berkaitan dengan arus lalu lintas, diminta untuk memberikan tekanan agar seluruh personel dapat memberikan pelayanan secara menyeluruh sehingga musim mudik berjalan tertib dan lancar. (*)


Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar