Pengamat: Kabupaten/Kota Harus Punya Pusat Informasi Wisata

id Sari Lenggogeni

Pengamat: Kabupaten/Kota Harus Punya Pusat Informasi Wisata

Sari Lenggogeni. (ANTARA SUMBAR/Dokumen Pribadi)

Padang, (Antara Sumbar) - Pengamat pariwisata dari Pusat Kajian Pariwisata Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, Sari Lenggogeni menyarankan setiap kabupaten/kota di provinsi itu agar membentuk pusat informasi pariwisata.

"Setiap kabupaten/kota hendaknya punya pusat informasi untuk setiap wisatawan, terutama wisatawan yang yang datang tanpa menggunakan travel agen," katanya di Padang, Selasa.

Ia menyebutkan selain pusat pelayanan informasi, pemerintah daerah juga dapat memperbanyak iklan-iklan terkait informasi destinasi wisata yang ada di daerah mereka.

Menurutnya seiring dengan majunya teknologi pemerintah juga bisa merancang aplikasi untuk android terkait informasi wisata yang ada.

"Tidak semua wisatawan yang datang ke Sumbar itu menggunakan jasa perjalanan, jadi bagi mereka yang tidak menggunakan jasa tersebut akan kesulitan mendapatkan informasi guna menentukan tujuan mereka," kata dia.

Ia mengatakan berdasarkan hasil penelitiannya pada umumnya wisatawan yang datang tanpa menggunakan jasa perjalanan wisata tidak memiliki informasi apa-apa tentang wisata di Sumbar.

Untuk lebaran ini menurutnya hal seperti itu akan banyak terjadi, sebab wisatawan yang ada di Sumbar umumnya adalah para perantau yang sudah lama tidak pulang kampung.

"Dengan adanya informasi yang memadai maka wisatawan bisa memilih daerah mana yang akan dikunjungi, sebab umumnya kebupaten/kota yang di Sumbar memiliki banyak destinasi wisata pilihan," katanya.

Terkait dengan informasi pariwisata, Kota Padang sudah memiliki sebuah aplikasi di android yang berfungsi sebagai sumber informasi terkait pariwisata yang ada di daerah itu.

Wali Kota Padang, Mahyeldi mengatakan Kota Padang saat ini sudah aplikasi bernama "Padang City Guide" yang berisi beragam informasi tentang Kota Padang.

Beberapa menu yang tersedia adalah lokasi ATM, Bandara, Bank, Dokter, Hiburan, Hotel, Kampus, Kantor Pemerintah, Kesehatan dan Kecantikan, Kuliner, Masjid, Otomotif, Perkantoran, Perpustakaan, Polisi dan Darurat, Rekreasi, Rental Mobil dan hingga menu terakhir Tour dan Travel.

"Tinggal unduh dan semua tempat yang ada di Padang tersaji di aplikasi tersebut," katanya. (*)