Polres Pasaman Kerahkan 210 Personel Amankan Lebaran

id polisi

Polres Pasaman Kerahkan 210 Personel Amankan Lebaran

Ilustrasi, polisi. (Antara)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Pasaman, Sumatera Barat, mengerahkan sebanyak 210 personelnya untuk menyukseskan operasi Ramadniya 2017 dengan tugas utama menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah.

Kepala Kepolisian Resor Pasaman AKBP Reko Indro Sasongko di Lubuk Sikaping, Kamis, mengatakan sebanyak 210 personel tersebut terdiri dari anggota Sat Lantas, Sat Shabara, Sat Resnarkoba, Sat Reskrim, Sat Intelkam dan Kepolisian Sektor yang ada di daerah itu.

"Untuk masing-masing Polsek disiagakan sebanyak tiga personel. Operasi ini juga melibatkan pihak pemerintah daerah seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja dan TNI," katanya.

Ia mengatakan pihaknya telah mendirikan tiga Pos Pengamanan di tiga kecamatan di daerah itu yakni di Equator Bonjol Kecamatan Bonjol, Objek Wisata Rimbo Panti di Kecamatan Panti dan Pasar Lubuk Sikaping Kecamatan Lubuk Sikaping.

"Kita juga telah menyiagakan personel di beberapa titik rawan bencana longsor dan banjir seperti di kawasan Rimbo Panti, Rao, Bonjol, Simpang Alahanmati dan Lurah Berangin Lubuk Sikaping," ujarnya.

Selain itu Polres Pasaman juga telah menyiapkan jalur alternatif melalui jalan ke Duo Koto dan Tigo Nagari dari Pasaman ke Medan, Sumatera Barat.

"Kita juga menyiagakan personel Polsek Tigo Nagari di jalur alternatif tersebut jika terjadi bencana alam ini," ujarnya.

Selain mengamankan arus mudik dan balik lebaran, katanya, Polres Pasaman juga menggelar pengamanan di objek vital perbankan di daerah itu.

"Kita telah berkoordinasi dengan pihak bank untuk meminta kepada para nasabah yang mengambil uang dalam jumlah besar untuk meminta pengawalan dari personel kepolisian. Ini untuk mencegah terjadinya perampokan dan pencurian terhadap nasabah," katanya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pasaman Iptu Fion Joni Hayes meminta kepada para pemudik yang melintasi wilayah itu apabila lelah dan butuh istirahat agar berhenti di Pos Pam yang telah disediakan.

"Selain itu, bagi masyarakat yang punya kendaraan yang akan ditinggalkan dan tidak digunakan saat mudik, kami dari Sat Lantas menyediakan tempat penitipan dan parkir gratis selama lebaran ini," ujarnya. (*)