ASDP Padang: Tarif ke Mentawai Tidak Naik

id Kapal, Penyeberangan, Mentawai, Lebaran

ASDP Padang: Tarif ke Mentawai Tidak Naik

(ANTARA FOTO/Andika Wahyu/nz/16)

Padang, (Antara Sumbar) - PT Angkutan Sungai Danau dan Perairan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Padang, Sumatera Barat memastikan harga tiket penyeberangan Padang menuju Kepulauan Mentawai tidak naik selama arus mudik Lebaran.

"Meskipun saat ini memasuki jadwal mudik Lebaran, kami tidak menaikkan tarif penyeberangan," kata Manajer Usaha dan Teknik PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Padang, Nickson Ambarita di Padang, Rabu.

Ia mengatakan tarif yang diberikan kepada penumpang yakni untuk kelas ekonomi sebesar Rp88 ribu sedangkan kelas eksekutif sebesar Rp120 ribu.

Menurutnya dalam jadwal mudik seperti ini kenaikan jumlah penumpang pun tidak signifikan hanya sekitar satu sampai dua persen saja.

"Jumlah penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan sekitar 100 hingga 200 orang setiap harinya," ujarnya.

Nickson memprediksi lonjakan penumpang penyeberangan ini akan terjadi pada H-3 menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Kita sudah persiapkan segala sesuatu baik dengan persiapan teknis maupun non teknis untuk memberikan fasilitas penyeberangan kepada masyarakat," sebutnya.

Ia mengatakan sebelumbya Syahbandar juga telah melakukan pemeriksaan terhadap angkutan transportasi penyeberangan dari Padang ke Mentawai.

"Kami telah lulus uji kelaikan untuk menyeberang. Keselamatan penumpang tentu menjadi target kami dalam memberikan pelayanan ini," katanya

Ia mengatakan perjalanan dari Pelabuhan Bungus, Kota Padang ke Mentawai ini memakan waktu selama 10 jam perjalanan laut.

"Kami memiliki dua unit kapal dengan nama KM Gambolo dan KM Ambu-Ambu yang memiliki standar keselamatan yang bagus," katanya. (*)