Penjualan Perlengkapan Shalat Meningkat di Padang

id Penjualan, Perlengkapan, Shalat, Ramadan

Padang, (Antara Sumbar) - Penjualan perlengkapan shalat di pasar Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mulai meningkat pada pertengahan bulan suci Ramadhan 1438 Hijiriyah.

"Sebelumnya dalam sehari penjualan kurang dari 10 helai, sementara sekarang berkisar 10 hingga 15 helai. Masyarakat membeli perlengkapan shalat untuk dipakai pada saat shalat Idul Fitri nanti," kata salah satu pedagang di Pasar Raya Padang, Sari (28) di Padang, Rabu.

Ia menambahkan dalam sehari penjualan perlengkapan shalat 10 hingga 15 helai dari pelbagai macam. Untuk saat ini, ujarnya yang paling banyak diminati pembeli yakni mukena dan baju kokoh.

Ia menyebutkan untuk harga satu perlengkapannya bervariasi mulai dari Rp60 ribu hingga Rp300 ribu tergantung model, ukuran, kualitas bahan.

"Perlengkapan shalat ini seperti mukena, sarung, baju kokoh dan lainnya didatangkan dari Jakarta dan Jawa Barat, namun ada juga yang berasal dari lokal," lanjutnya.

Menurutnya saat ini masih belum begitu ramai, biasanya penjualan akan melonjak pada tujuh hari sebelum lebaran (H-7).

Pedagang setempat lainnya, Rina (27), menjelaskan penjualan perlengkapan shalat sekarang mulai meningkat namun kenaikan itu belum tinggi.

"Peningkatan penjualan masih belum terlalu besar dibanding tahun sebelumnya," katanya

Menurutnya, bertepatan dengan masuknya tahun ajaran baru yang menyebabkan kenaikan dalam penjualan perlengkapan shalat belum begitu pesat.

"karena tahun ini lebaran dan masuknya tahun ajaran baru tidak terlalu jauh, membuat orang-orang berfikiran untuk memakai perlengkapan sholat yang lama dari pada membeli baru," ujarnya.(*)