Baznas Pariaman Salurkan Zakat ASN kepada 1.164 Mustahik

id Zakat, Baznas, Pariaman, Mustahik

Baznas Pariaman Salurkan Zakat ASN kepada 1.164 Mustahik

(Antara TV Sumbar)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat menyalurkan zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) bagi 1.164 mustahik di daerah itu.

"Penyaluran zakat ini diperuntukkan khusus bagi para imam, khatib, garin, labai, ubiyah masjid dan mushala di Pariaman," kata Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman di Pariaman, Rabu.

Ia menjelaskan pemberian zakat tersebut merupakan program Pariaman Takwa yang digagas oleh Baznas setempat sejak 2009 untuk memperhatikan para tokoh agama dalam menyiarkan agama Islam di daerah itu.

"Para imam masjid, khatib, garin dan lainnya merupakan sosok yang berjasa besar dalam menegakkan pondasi agama Islam, oleh karena itu mereka harus diperhatikan," tambahnya.

Ia menyebutkan pendistribusian zakat tersebut sekaligus upaya pemerintah daerah dalam berkoordinasi dengan para tokoh agama setempat untuk mensukseskan program Gerakan Magrib Mengaji dan Subuh Mubarokah.

Dua program tersebut, ujarnya akan berhasil apabila para ulama, garin masjid, labai, imam masjid dan khatib bekerja maksimal dalam memberikan pencerahan bagi umat muslim.

"Mereka para tokoh agama memiliki kekuatan dalam merangkul umat, pemerintah memiliki dua program yang islami, hal itu dapat berjalan apa bila saling bekerja sama," lanjutnya.

Sementara itu Ketua Baznas setempat, Humahyun Akbar mengatakan Baznas menyalurkan zakat bagi 1.164 mustahik di daerah itu.

Penyaluran zakat itu terbagi atas Kecamatan Pariaman Tengah dan Kecamatan Pariaman Selatan sebanyak 580 mustahik, dan Kecamatan Pariaman Timur dan Pariaman Utara 584 orang.

"Total Rp.349.200.000 yang kita bagikan untuk program Pariaman Takwa, dengan masing-masingnya menerima sebanyak Rp.300 ribu," ujar dia. (*)