Wakapolri Harapkan Petugas Fit Dalam Pengamanan Lebaran

id Wakapolri, Komjen Pol Syafruddin, Operasi Ramadniya, Lebaran

Wakapolri Harapkan Petugas Fit Dalam Pengamanan Lebaran

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin bercengkrama dengan Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizl dalam kegiatan Safari Ramadhan Wakapolri di Kota Padang, Selasa (13/6). Wakapolri mengajak masyarakat dan petuga kepolisian waspada terhadap tindak pidana menjelang lebaran (ANTARA SUMBAR / Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komjen Pol Syafruddin mengharapkan petugas kepolisian tetap fit dalam menjalankan tugas pengamanan selama Operasi Ramadniya 2017.

"Pengamanan ini sangat panjang sehingga membutuhkan kondisi tubuh yang fit yang prima, terutama pengamanan setelah Idul Fitri," katanya di Padang, Selasa.

Ia mengatakan pengamanan Operasi Ramadniya ini cukup panjang yakni mulai dari H-7 Lebaran hingga H+7 setelah Idul Fitri.

Menurutnya apabila kondisi fisik petugas menurun, maka anggota biasanya akan bolos dan meninggalkan pos pengamanan.

"Hal ini yang menjadi pokok persoalan kita, jangan sampai petugas lengah dan membuka peluang terjadi kejahatan," ujar dia.

Ia menekankan agar petugas dalam menjalani tugas agar selalu fokus dalam menjaga keamanan lingkungan tempat penugasan masing-masing.

"Jangan sampai teledor apalagi setelah perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah yang merupakan waktu-waktu rawan terjadi kejahatan," kata dia.

Pihaknya juga mengingatkan bahwa saat liburan seperti ini kemungkinan terjadinya kejahatan radikalisme, ekstremisme dan terorisme bisa terjadi.

Ia menekankan kepada setiap anggota kepolisian agar tidak lengah dalam hal ini karena kejahatan ini saat ini begitu mendunia.

"Selain melakukan pengamanan selama libur lebaran pihaknya juga fokus terhadap pencegahan terjadinya tindakan tersebut, kita juga melakukan operasi khusus terhadap itu," katanya. (*)