Kementerian PUPR Perbaiki 290 RTLH di Agam

id Kementerian PUPR, Perbaikan Rumah Warga, Agam

Kementerian PUPR Perbaiki 290 RTLH di Agam

Bedah Rumah.

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2017 mengalokasikan dana untuk memperbaiki 290 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Agam, Rudi Hendri di Lubukbasung, Selasa, mengatakan 290 RTLH tersebut tersebar di Kecamatan Tanjungmutiara sebanyak 115 unit, Palembayan sebanyak 52 unit dan Canduang sebanyak 123 unit.

"290 unit rumah ini tidak memiliki atap, lantai dan dinding. Syarat warga yang mendapatkan program ini berpenghasilan rendah dan rumah tidak layak huni," katanya.

Saat ini, program bantuan stimulan perumahan swadaya ini sudah mulai dan kini sedang proses pencairan dana tahap pertama.

Bagi rumah rusak sedang, mendapatkan bantuan sebesar Rp10 juta dan rumah rusak berat sebesar Rp15 juta.

"Untuk perbaikan rumah itu dilakukan secara swadaya oleh masyarakat sekitar," katanya.

Pihaknya berharap perbaikan rumah ini berjalan dengan baik, sehingga bermanfaat bagi warga untuk berlindung dari panas matahari dan hujan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Agam, Erniwati menambahkan, jumlah rumah tidak layak huni di daerah itu sebanyak 3.140 unit tersebar di 16 kecamatan.

"Ini berdasarkan pemutakhiran basis data terpadu (PBDT) dari pemerintah pusat pada 2015," katanya.

Ia menargetkan pada 2021 seluruh rumah tersebut sudah diperbaiki dan menjadi layak untuk dihuni. Untuk mencapai ini, pihaknya berupaya mencari dana untuk membangun rumah tersebut dari dana Baznas Agam, Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Pemkab Agam dan perusahaan lainnya.

"Setiap tahun Baznas Agam dan KPN Pemkab Agam memberikan bantuan untuk bedah rumah bagi keluarga kurang mampu," katanya.

Selain itu, pada 2017 Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia memberikan bantuan sebesar Rp7,5 miliar untuk membangun 50 unit rumah nelayan di Muaro Putih, Nagari Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara dan membantu perbaikan 290 unit rumah tidak layak huni.

Pembangunan rumah nelayan sudah berjalan sekitar 85 persen dan bantuan 290 unit rumah sudah proses pencairan dana tahap pertama. (*)