Temukan Pungli di Mentawai, Laporkan ke Posko Pengaduan

id Tim Saber Pungli, Posko Pengaduan, Mentawai

Temukan Pungli di Mentawai, Laporkan ke Posko Pengaduan

Pembina Tim Saber Pungli Mentawai AKBP Hasanuddin. (dokumen pribadi)

Mentawai, (Antara Sumbar) - Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) akan membuat posko pengaduan bagi masyarakat.

"Habis lebaran tahun ini, kami akan membangun Posko Pengaduan Tim Saber Pungli, ini akan memudahkan masyarakat yang ingin melaporkan atau menginformasikan kegiatan Pungli di daerah Mentawai," kata Pembina Tim Saber Pungli yang juga Kapolres Mentawai, AKBP Hasanuddin di Tuapejat, Selasa.

Ia menambahkan untuk saat ini posko yang akan dibangun tersebut direncanakan di Ibukota kabupaten, yakni di Tuapejat. Namun tidak tertutup kemungkinan juga akan dibangun di daerah lain, karena Mentawai terbagi dalam empat pulau besar.

Pasca dibentuknya Tim Saber Pungli Mentawai, pihaknya sejauh ini fokus untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi tersebut dilakukan tidak hanya di tingkat elit saja namun sampai menyentuh masyarakat pedesaan.

"Ini penting kami lakukan secara bertahap, agar masyarakat tahu terhadap keberadaan Tim Saber Pungli, baik tugas dan tanggung jawab yang akan dilakukan," ujarnya.

Ia menerangkan sejauh ini pihaknya belum menerima pengaduan dari masyarakat terkait adanya Pungli atau tindakan premanisme. Hal tersebut katanya bisa saja masyarakat belum mengetahui keberadaan Tim Saber Pungli.

"Untuk sosialisasi harus maksimal kami lakukan, apalagi masyarakat Mentawai tersebar di empat pulau besar. Keberadaan Saber Pungli harus sampai ke tengah masyarakat," sebutnya.

Ketua Saber Pungli Mentawai, Mayarudin mengatakan selain melakukan sosialisasi pihaknya juga melakukan evaluasi baik itu kinerja dan tugas-tugas yang akan dilakukan.

"Ada titik-titik rawan yang terus kami pantau, kami tidak akan mentolerir kegiatan Pungli di Masyarakat," lanjutnya.

Selain itu ia juga mengimbau, perangkat daerah, kecamatan atau desa di "Bumi Sikerei" ikut terlibat dalam melakukan sosialisasi terkait keberadaan Tim Saber Pungli.

Kedepan, tambahnya akan menyediakan layanan "hotline" pengaduan bagi masyarakat dan hal itu akan memudahkan dalam memberikan informasi bagi petugas Saber Pungli.

Ia optimistis, hadirnya Saber Pungli di Mentawai akan ikut memberikan dampak positif terhadap pembangunan di daerah itu, baik itu pembangunan ekonomi maupun pembangunan sumber daya manusianya. (*)