BAZ Padang Panjang Diminta Berinovasi Kumpulkan Zakat

id Hendri Arnis

BAZ Padang Panjang Diminta Berinovasi Kumpulkan Zakat

Wali Kota Padang Panjang, Hendri Arnis. (Antara)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Wali Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Hendri Arnis meminta Badan Amil Zakat (BAZ) setempat untuk berinovasi dalam mendapatkan dana zakat, agar pengumpulannya bisa lebih maksimal.

"Jangan menunggu dana yang sudah pasti, BAZ harus berinovasi mendapatkan dana zakat," kata dia ketika membuka secara resmi kegiatan sunatan massal yang diselenggarakan oleh BAZ Padang Panjang di gedung M Safei, Selasa.

Selama ini dana yang dikumpulkan BAZ mayoritas dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat yang dipotong langsung oleh pemerintah daerah.

"Kalau bisa BAZ harus bekerjasama dengan berbagai pihak dalam mendapatkan dana zakat dari muzaki," ujarnya.

Ia juga mencontohkan inovasi yang dilakukan bisa berupa pemberlakukan kartu member kepada muzaki yang sudah rutin memberikan zakat kepada BAZ Padang Panjang selama ini.

Tidak itu saja pihak BAZ katanya, juga harus bisa bekerjasama dengan pemilik rekening yang ada disejumlah Bank yang ada di daerah itu.

"Umpamanya pemilik rekening bisa memberikan zakat sekian persen dari tabungan yang dimiliki pada Bank tersebut," jelasnya.

Dengan memaksimalkan potensi zakat tersebut, maka semangkin banyak dana terkumpul untuk menyentuni masyarakat yang kurang mampu di Padang Panjang tersebut.

Ketua BAZ Padang Panjang Aswir menanggapi usulan yang diberikan oleh Wali Kota tersebut dalam memaksimalkan potensi zakat di daerah itu.

"Kami akan bahas ditingkat pengurus, apasaja terobosan yang akan dilakukan untuk merangkul muzaki sebanyak-banyaknya supaya bisa menyalurkan zakat kepada BAZ Padang Panjang," katanya. (*)